Kembalikan Berkas ke NasDem, Max Akui Elektabilitas Petahana Tinggi

by
Max Johuzua Youltuwu saat menyerahkan berkas pencalonan ke DPD NasDem Maluku, Rabu (19/7). FOTO : ALFIAN (TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,AMBON-Dirjen Pembangunan Kawasan Pedesaan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT)  Max Johuzua Youltuwu (MJY) mengembalikan berkas pendaftaran Bakal Calon (Balon) Gubernur Maluku ke Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem Maluku di kawasan Jalan Sedap Malam Ambon, Rabu (19/7).

Max datang bersama tim pemenangnya  di Partai NasDem dan diterima langsung Ketua DPW NasDem Maluku Hamdani Laturua, Ketua Bappilu Abdul Asis Latar dan fungsionaris NasDem lainnya.  Max kemudian menyerahkan berkas pendaftaran sebagai Balon Gubernur ke tim Pendaftaran Balon Gubernur dan Wagub DPW Partai NasDem.

Max mengakui, dalam Pilkada Maluku 2018 nanti, dirinya merupakan kategori orang baru yang belum dikenal luas masyarakat Maluku sebagai Balon Gubernur. Namun menurut Max,  posisinya saat ini berada di bagian tengah bila dibandingkan dengan Balon Gubernur  lainnya. Max mengakui hasil survei, elektabilitas  Said Assagaff, Balon Gubernur  petahana masih tertinggi dibanding Balon lainnya.

“Petahana pasti memiliki survei yang diatas, saya kategori muka baru yang berada di bagian tengah dari calon yang lain, namun dalam beberapa bulan ini kami sudah menunjukkan progres yang signifikan,” kata Max. Namun Max yakin, elektabilitas dirinya terus naik apalagi Pilkada Maluku masih setahun lagi.

Selain Max, Balon Gubernur lainnya  yang mengembalikan berkas pendaftaran ke NasDem Maluku sepanjang Rabu (19/7)  adalah Enggelina Pattiasina, mantan politisi PDIP. Selain Pattiasina,  ada juga mantan Bupati Seram Bagian Timur Abdullah Vanath, yang mengembalikan berkas pendaftaran sebagai Balon Wagub Maluku.

Ketua DPW Hamdani Laturua menyatakan, Partai NasDem tidak pernah bermain-main dengan ucapan maupun perbuatan, jika Balon itu  baik maka pihaknya akan bilang baik. “Hari ini jika kita salah dalam menemukan sikap politik, maka kita akan berdiri menjadi orang yang miskin diatas kekayaan kita,” katanya.

Laturua mengatakan, untuk memberikan rekomendasi kepada Balon itu, NasDem mengacu pada  beberapa indikator.  Yakni  hasil survei, bersih diri, bersih lingkungan, dan jika memiliki kualitas dukungan yang besar dari masyarakat. Maka dengan sendirinya NasDem akan memberikan dukungan kepada Balon tersebut. (IAN)