Kembangkan Potensi Wisata, Dispar Buru Gelar Pelatihan Pemandu Wisata Budaya

by
Foto bersama perserta pelatihan pemandu wisata budaya yang digelar Dispar Kabupaten Buru, Senin (29/4/2019) hingga Rabu (1/5/2019). FOTO : DISPAR BURU

TERASMALUKU.COM,-NAMLEA- Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Buru terus mengembangkan potensi pariwisata di Buru. Berbagai upaya dilakukan untuk menjadikan dan menyiapkan Kabupaten Buru sebagai destinasi wisata di Maluku.

Salah satunya yakni, Dispar Kabupaten Buru menggelar pelatihan bagi pemandu wisata budaya ( kuliner dan belanja) yang dipusatkan di sebuah hotel di Kota Namlea, Senin (29/4/2019). Pelatihan yang berlangsung hingga Rabu (1/5/2019) dengan peserta berjumlah 40 dari anggota Perhipunan Perhotelan Rumah Makan dan Resto di Kabupaten Buru.

Kadis Pariwisata Kabupaten Buru Istanto Setyahadi mengungkapkan pelatihan bagi pemandu wisata budaya ini merupakan upaya pihaknya untuk mengembangkan potensi wisata di Kabupaten Buru.  Pengembangan pariwisata diharapkan mendapat dukungan penuh dari berbagai pihak di daerah itu, termasuk juga pemandu wisata.

Ia mengatakan pramuwisata sebagai salah satu stakeholder yang berperan sebagai seseorang yang bertugas memberikan bimbingan, penerangan dan petunjuk tentang obyek serta membantu segala sesuatu yang diperlukan wisatawan. Tidak hanya itu, tugas yang diemban pramuwisata sebagai frontliner yang sekaligus berfungsi sebagai information agent cukup berat dan perlu mendapatkan perhatian khusus.

loading...

Karena itu lanjut Isnato, Dispar Buru menggelar pelatihan ini. Kegiatan ini bertujuan agar peserta dapat mengembangkan SDM pramuwisata, meningkatkan kompetensi pramuwisata dan mendapatkan pengakuan kompetensi terkini

“Kami memberikan pelatihan kepada para pemandu wisata budaya dengan peserta berjumlah 40 dari anggota Perhipunan Perhotelan Rumah Makan dan Resto di Kabupaten Buru. Diharapkan dengan pelatihan ini dapat  memberikan bekal pengetahuan dan kemampuan kepada peserta pelatihan agar mampu mengembangkan kemampuan SDM pramuwisata,” katanya Istanto. (ADI)

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *