Kemenag Maluku Pantau Hilal di Atas Masjid Wakasihu, Ini Hasilnya

Kemenag Maluku Pantau Hilal di Atas Masjid Wakasihu, Ini Hasilnya

SHARE
Kepala Kanwil Kemenag Maluku Fesaal Mosad, tim rukyatul hilal bersama BMKG Stasiun Geofisika Pattimura Ambon memantau Hilal dari atas Masjid Darussalam Desa Wakasihu Kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah, Selasa (15/5/2018). FOTO : (TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,-AMBON- Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Maluku bersama BMKG Stasiun Geofisika Pattimura  Ambon memantau  Hilal dari atas Masjid Darussalam Desa Wakasihu Kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah, Selasa (15/5/2018).

Pemantauan hilal oleh tim rukyatul hilal ini dipimpin langsung Kepala Kanwil Kemenag Maluku Fesaal Mosad dan dihadiri juga pejabat Pemprov Maluku dan  pimpinan Ormas Islam  lainnya.  Dalam pemantauan ini, petugas memantau  hilal baik dengan mata telanjang maupun dengan menggunakan alat bantu optik teleskop dari BMKG Stasiun Pattimura  Ambon.

“Kita bisa liat hasil pemantauan hilal baik itu melalui mata telanjang maupun alat bantu optik teleskop, kita tau hilal tidak tampak, hilal tidak kelihatan karena tertupnya awan. Dan berdasarkan hasil optik teleskop menunjukan bahwa ketinggian hilal berada di minus satu derajat,” kata Fesaal.

Pemantauan hilal ini merupakan salah satu metode yang digunakan untuk menentukan awal bulan Ramadhan  dalam hitungan kalender hijriah. Hasil pemantauan ini kemudian dilaporkan ke Kementerian Agama RI di Jakarta untuk pelaksanaan Sidang Isbat penentuan awal  Ramadhan. (ADI)