Kementerian PUPR Pastikan JMP Aman Dilalui

by
Sumber: ig @kemenpupr

TERASMALUKU.COM,AMBON, – Warga Kota Ambon sempat dibuat panik dengan beredarnya video Jembatan Merah Putih (JMP) yang retak. Tampak dalam video amatir itu aspal pada salah satu ruas jalan retak dan terbongkar.Namun berita itu telah dipastikan kondisi JMP dalam keadaan baik dan layak untuk dilalui seperti biasa.

Menukil dari akun Instagram Kementrian PUPR, gempa tektonik yang menggoncang Ambon dengan kekuatan magnitudo 6,8 kondisi Jembatan Merah Putih (JMP) aman untuk dilintasi lalu lintas.

Postingan tersebut diunggah pada Kamis, 26 September 2019 pukul 08,46 WIT.
Isi postingan akun resmi @kemenpupr ;

Kerusakan yang terjadi pada Aspal diatas Expansion Joint (Sambungan Siar) dan bukan pada struktur utama jembatan. 

Perilaku demikian memang sudah seharusnya terjadi sebagai reaksi pelepasan energi gempa agar tidak mencapai struktur utama jembatan

.

Expansion joint / Sambungan Siar adalah bahan yang dipasang antara dua bidang lantai untuk kendaraan pada perkerasan kaku dan dapat juga pertemuan antara konstruksi jalan pendekat sebagai media lalu lintas yang akan melewati jembatan,

loading...

Supaya pengguna lalu lintas merasa aman dan nyaman (Badan Litbang PU, 2005)

Salah satu fungsi pemasangan expantion joint di jembatan untuk menyerap getaran (salah satunya yang disebabkan oleh gempa), menahan bagian-bagian tertentu bersama-sama, atau untuk memungkinkan gerakan karena pergerakan tanah atau gempa (sumber BPJNXVI Ambon).

Warga kota pun diharapkan tenang dan tidak sampai termakan isu miring perihal kondisi JMP terkini. (PRISKA BIRAHY)

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *