Kemungkinan Terburuk, Walikota : Kita Sudah Siapkan Lokasi TPU Untuk Korban COVID-19

by
Walikota Ambon Richard Louhenapessy (tengah). FOTO : MCAMBON

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Walikota Ambon, Richard Louhenapessy mengungkapkan Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kota Ambon tengah mempersiapkan semua hal terkait penanganan COVID-19. Bahkan Walikota mengatakan sudah menyiapkan kemungkinan terburuk pada level 3 yakni menyiapkan lahan khusus untuk tempat pemakaman umum (TPU) korban virus corona di Kota Ambon.

“Sudah disiapkan, lahan seluas 1,8 Hektar yang akan digunakan sebagai TPU bagi korban COVID-19. Lahan tersebut sudah disurvey dan memenuhi persyaratan, lokasinya di batas kota, jauh dari sumber air,” kata Walikot kepada Tim Media Center Pemkot Ambon, setelah mengikuti Rapat Koordinasi Forum Pimpinan Daerah se-Provinsi Maluku, Rabu (8/4/2020).

Loading...

Walikota tidak mau menyebutkan dimana lokasi TPU tersebut. Namun menurutnya lokasi berada di batas Kota Ambon dan untuk Umat Kristen dan Muslim. Namun Walikota mengakui, dirinya meyakini lahan yang sudah disiapkan tersebut, tidak akan terpakai.“Kita siapkan saja, tapi dengan perspektif iman saya, saya yakin tidak akan ada pasien COVID 19 yang meninggal disini,” aku Walikota.

Walikota mengatakan saat ini, Kota Ambon masih berada di level 1 penyebaran COVID-19. “Saat ini, kita berada pada level (tingkat) 1, tapi Gugus Tugas Kota Ambon sudah merencanakan dan mempersiapkan semuanya sampai pada kemungkinan level 3,” jelas Walikota.

Diketahui, Tingkat Travel Advisory (Anjuran Perjalanan) menurut Pusat Pengendalian Penyakit Amerika Serikat, Tingkat 1 atau Awas, yang berarti ada penyebaran ringan wabah penyakit di wilayah tersebut. Tingkat 2 atau Alert, berarti wabah sangat serius yang dapat berdampak luas terhadap kesehatan publik, sementara Tingkat 3 atau Warning, berarti Penyebaran Virus sudah sangat darurat dan tidak terkontrol. (ALFIAN/MCAMBON)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *