Kenapa Lansia Perlu Terima Vaksin Covid-19

by
Lansia di Kota Ambon jalani vaksinasi, (4/3/2021). FOTO: Priska Birahy

TERASMALUKU.COM,AMBON, – Orang lanjut usia (lansia) menjadi urutan kedua setelah vaksinasi covid-19 tenaga kesehatan. Mereka tergolong kelompok paling rentan dan timbulkan komplikasi dengan rangakaian perawatan lebih lama.

Itu menjadi alasan utama pemerintah kota Ambon menempatkan prioritas vaksinasi kepada para lansia. Ditemui kemarin Rabu (3/3/2021), Kepala Dinas Kesehatan, dr. Wendy Pelupessy menjelaskan dalam beberapa hari kedepan vaksinasi diberikan kepada para lansia di Kota Ambon.

“Kenapa kita dahulukan lansia, laansia ini masuk kelompok rentan yang mudah tertular. Dan sebagian besar yang tertular pasti comorbid,” sebut Wendy kepada wartawan di Balai Kota Ambon.

Comorbid atau komorbiditas adalah penyakit penyerta. Lansia dengan komorbiditas kondiis tubuhnya akan masih parah dengan adanya virus corona yang masuk.

Beberapa penyakit yang paling umum ditemui ada pada lansia seperti gangguan jantung, sendi, gangguan paru-paru, hipertensi atau gula darah yang tidak terkontrol. Hal ini yang membikin penanganan covid-19 terhadap lansia jadi lebih berat.

Waktu perawatan pun jauh lebih panjang. “Karena itu tingkat penyembuhannya beda dengan yang usia produktif. Kemudian kalau dirawat pasti butuh perawatan lebih lama. Makanya lansia kita dahulukan, jadi pertahanan tubuh lebih baik,” tandasnya. (PRISKA BIRAHY)