Kepala BPBD : 7.000 Lebih Warga Mengungsi Akibat Gempa Maluku Tengah

by
Warga wilayah Kecamatan Tehoru Kabupaten Maluku Tengah mengungsi ke hutan akibat gempa 6,1 yang menguncang wilayah itu, Rabu (16/6/2021). FOTO : ISTIMEWA

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Sehari pasca gempa dengan magnetudo 6,1, ribuan warga kini mengungsi di sejumlah lokasi di wilayah Kecamatan Tehoru Kabupaten Maluku Tengah.

Warga mendirikan tenda-tenda seadanya di kawasan perbukitan desa, dan juga mengungsi di fasilitas pendidikan. Warga kini membutuhkan tenda pengungsian, alas tidur, selimut dan bahan makanan. Apalagi pada musim hujan ini.

Warga yang mengungsi selain rumah mereka rusak akibat gempa, juga takut adanya gempa susulan. Apalagi rumah- rumah warga  yang berada di pesisir pantai kawasan Kecamatan Tehoru.

Kepala BNP Kabupaten Maluku Tengah, Abdul Latif Key mengatakan hingga Kamis (17/6/2021) ada tujuh ribu lebih warga mengungsi akibat gempa yang terjadi Rabu (16/6/2021).

“Data sementara pengungsi akibat gempa semitas 7.00o lebih. Pengungsi tersebar di desa-desa pada wilayah Kecamatan Tehoru, daerah terparah akibat gempa,” kata Latif saat dihubungi Terasmaluku.com, Kamis pagi.

Latif juga menyebutkan data sementara rumah yang rusak berjumlah 62 unit. “Data kerusakan rumah dan fasilitas lainnya masih terus didata tim kami dilapangan,” delas Latif.

Editor : Hamdi