Kepulauan Tanimbar Vaksinasi Covid Perdana di Puskesmas Saumlaki

by
Bupati Petrus Fatlolon didampingi Kapolres saat menjemput kedatangan Vaksin Covid-19 Sinovac di Bandara Matilda Batlayeri, Saumlaki, Selasa (26/1/2021) sore. FOTO: SATGAS PENANGANAN COVID-19 KEPULAUAN TANIMBAR

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Pasca 2.520 dosis Vaksin Covid Sinovac tiba di Saumlaki, Ibukota Kabupaten Kepulauan Tanimbar Selasa (26/1/2021) sore, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Tanimbar mengagendakan pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 Perdana di kabupaten ini Rabu 27 Januari besok.

Kedatangan ribuan dosis vaksin covid-19 sinovac ini dijemput langsung Bupati Petrus Fatlolon di Bandar Udara Mathilda Batlayeri, Saumlaki Selasa siang.  Saat ini ribuan dosis vaksin covid sinovac itu disimpan di Dinas Kesehatan Kepulauan Tanimbar.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Andre Kurniawan menjelaskan, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) akan divaksinasi perdana Rabu.

“Pelaksanaan pencanangannnya besok (Rabu) pagi pukul 09:00 WIT di Puskesmas Saumlaki,”jelasnya kepada terasmaluku.com, Selasa sore via seluler.

Pada vaksinasi perdana atau launching vaksinasi di Tanimbar ini kata Andre, Bupati Petrus Fatlolon tidak termasuk prioritas karena pernah terpapar Covid-19 pada medio November tahun lalu.

“Iya, Pak Bupati tidak termasuk (prioritas), kalau Pak Wakil Bupati menghadiri tapi apakah bisa divaksin atau tidak nanti harus diskrining dulu di meja prosedural karena sebelum di vaksin harus lewati meja prosedural dulu dilihat dulu apakah punya penyakit komorbid atau tidak, diukur dulu tekanan darahnya, yang pasti perdana besok (rabu) itu forkopimda dulu 10 orang, karena satu kelompok itu sesuai keterangan dari Kepala Dinas Kesehatan hanya 15 orang, kalau kurang akan ditambah nakes,”sambungnya.

Setelah vaksinasi perdana untuk forkopimda, lanjut Andre, akan dilanjutkan dengan vaksinasi bagi tenaga kesehatan atau nakes dan distribusi vaksin ke kecamatan-kecamatan akan dilakukan juga Rabu.

Di Tanimbar sendiri, nakes yang terdata untuk divaksinasi berjumlah 1.250 nakes. Mereka akan divaksinasi pada 17 Fasilitas Layanan Kesehatan (fasyankes) yang ditunjuk untuk melakukan vaksinasi Covid-19 di Tanimbar yang terdiri dari 14 puskesmas dan 3 Rumah Sakit. (Ruzady)