Kesiapan Pesparani Sudah 90 Persen, Sambut 5.720 Orang se Indonesia di Ambon

Kesiapan Pesparani Sudah 90 Persen, Sambut 5.720 Orang se Indonesia di Ambon

SHARE
Titus Renwarin

TERASMALUKU.COM-AMBON,- Kota Ambon menjadi tuan rumah perhelatan besar, Pesta Paduan Suara Gerejani (Pesparani) Katolik nasional pertama. Acara yang digelar pada 26 Oktober hingga 2 November 2018 itu bakal menggaet ribuan orang yang datang. Para peserta dari luar daerah se Indonesia bakal memadati Kota Ambon.

Untuk mengikuti lomba musik gereja terbesar ini, setidaknya ada lebih dari 4.000 orang peserta lomba. Mereka berasal dari 34 provinsi.”Totalnya 5.720 orang sudah kasih konfirmasi ke kita. Tapi yang peserta, 4.822 orang,” ungkap Sekretaris Umum Pesparani Provinsi Maluku Titus Renwarin kepada Terasmaluku.com di Ambon Selasa (9/10/2018).

Jumlah 5.720 itu terdiri dari kontingen, peserta, pendamping, liaison official (L.O) serta pejabat daerah masing-masing yang ikut. Mereka hadir untuk mendukung dan memeriahkan perhelatan nasional itu. Titus mengatakan, sampai saat ini kesiapan Panitia Pesparani Maluku sudah 90 persen.

Secara konsep dasar perencanaan mulai dari kedatangan rombongan tanggal 25 sampai 27 Oktober 2018 hingga kepulangan sudah dimatangkan. Pihaknya pun terus melakukan pemantauan. Seperti pada bidang seni, pameran, rekreasi, penjemputan di lapangan. “Jadi nanti Minggu, (15/10) Lapangan Merdeka akan kita tutup total untuk  pembenahan dan persiapan lanjut,” bebernya.

Pengaman juga diperketat. Pihaknya telah bekerjasama dengan Kapolda Maluku Irjen Pol Loyke Lumowa untuk memantapkan persiapan. Dia mengharapkan dukungan penuh dari warga Kota Ambon. Acara yang digelar selama seminggu itu menelan anggaran puluhan miliar rupiah. Pemprov Maluku sendiri memberi dukungan dana yang dikucurkan dari APBD sebesar Rp 20 miliar. Anggaran itu akan ditambah oleh pemerintah pusat sebanyak Rp 12 miliar.

“Yang kita usulkan Rp 20 miliar ke pusat. Namun setelah dicek ke Dirjen Kementerian Agama, anggaran hanya dapat Rp 12 miliar saja. Nanti kita lihat kembali kalau tidak cukup kita akan bahas bersama DPRD untuk mengeluarkan dari sumber-sumber anggaran yang lain,”kata  Titus. (UAD)

loading...