Ketua Gugus Tugas Buru Minta Rekan Kontak Pasein Covid-19 Koperatif, Jika Tidak Ini Akibat

by
Bupati Buru Ramly Umasugi. FOTO : FADLI LATUCONSINA

TERASMALUKU.COM,-NAMLEA-Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Buru,  Ramly Ibrahim Umasugi mengimbau rekan kontak dari pasein 23 Maluku FN yang positif covid-19 agar koperatif dengan memeriksakan diri ke tim kesehatan.

Itu disampaikan Bupati Buru ini kepada wartawan di Namlea, Ibukota Kabupaten Buru pada Kamis (30/4/2020), menanggapi adanya reaksi penolakan dari dua aktivis rekan kontak FN sehari sebelumnya  saat dibujuk Satgas Covid 19 Buru untuk diperiksa kesehatannya.

Menurut bupati,  tracing rekan kontak pasein 23 Maluku (02 Buru)  ini untuk kepentingan banyak orang, sehingga dalam kondisi pandemik ini,  dipakai mekanisme pertama,  yaitu mengajak dan menghimbau.“Kalau tidak menunjukkan respons yang tidak koperatif,  berarti kami akan menggunakan aparat untuk membawa mereka agar diperiksa kesehatan,” kata Ramly.

Loading...

Terpisah Juru Bicara Satgas Covid 19 Buru,  Nani Rahim menjelaskan hingga Kamis (30/4/2020), yang sudah terdata masuk dalam tracing klaster pasein 23 Maluku FN sebanyak 15 orang. Delapan diantaranya telah dilakukan rapid test,  terdiri dari lima pria dan tiga wanita. Hasil seluruhnya negatif.

Sementara itu, informasi yang berhasil dihimpun awak media lebih jauh menyebutkan,  dari delapan orang yang sudah jalani rapid test dan hasilnya negatif,  termasuk di dalamnya dua aktifis Presiden BEM Uniqbu.

Keduanya mendatangi Sekretariat Covid-19 guna dilakukan rapid test pada pukul 10.00 WIT dan diambil sampel darah guna diuji lewat rapid test.  Sehari sebelumnya,  keduanya dikabarkan sempat kurang merespon ajakan Satgas karena nama mereka masuk dalam daftar tracing. Namun akhirnya  datang ke Sekret Satgas Covid-19. (ADI)  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *