Ketua Klasis GPM Kota Tual Apresiasi Pemilu Aman Tanpa Gangguan

by
Pendeta Frans Yosep Syahailatua

TERASMALUKU.COM,-TUAL- Pelaksanaan Pemilu 17 April 2019 di Kota Tual Provinsi Maluku berjalan aman dan lancar. Proses pemungutan suara hingga rapat pleno rekapitulasi di tingkat PPK dan KPU Kota Tual hingga kini berjalan aman, tanpa gangguan.

Ketua Klasis Gereja Protestan Maluku  (GPM) Kota Tual Pendeta Frans Yosep Syahailatua mengapresiasi pelaksanaan Pemilu 17 April 2019 di daerah itu yang berjalan aman dan lancar. Tahapan pencoblosan Pemilu 2019 memang telah selesai, namun rentetan tahapan Pemilu 2019 masih belum benar benar selesai hingga penepatan hasil Pemilu Presiden dan Wakil Presiden oleh KPU RI.

Meskipun demikian, pelaksanaan tahapan Pemilu mulai dari sebelum, masa kampanye, hingga pelaksanaan hari pencoblosan menurut Yosep berjalan lancar dan damai. Ini disampaikan Yosep mengingat sejauh ini tidak ada hambatan saat rekapitulasi hasil pemilu di tingkat PPK se Kota Tual maupun sedang berlangsung pleno di tingkat KPU Kabupaten/Kota.

“Sebagai tokoh agama kami memberikan  bahwa Pemilu serentak tahun 2019 di Maluku Tenggara  ini berjalan dengan aman dan lancar. Meskipun terdapat beberapa kendala, namun dapat terselesaikan dengan baik. Saya menyatakan hasil rekapitulasi hasil pemilu berjalan sangat transparan, jujur, adil lancar dan dilakukan secara demokratis,”

Yosep mengatakan, pesta demokrasi sudah melalui beberapa tahapan. Pencoblosan sudah selesai, dan saat ini masuk dalam tahapan rekapitulasi di tingkat PPK dan tingkat KPU Kabupaten dan Kota. Itu berarti lanjut Pendeta Yosep sudah mau masuk pada bagian akhir pesta demokrasi.

“Sebagaimana yang kita alami bersama baik secara nasional, provinsi maupun kabupaten semua berjalan dengan baik, lancar dan aman, kiranya proses itu terus di pertahankan sampai pengumuman KPU secara resmi,” kata Yosep.

Ia juga mengatakan pada rekapitulasi suara di tingkat PPK, sudah dapat diketahui siapa calon pemenang saat Pemilu 17 April 2019. Karena itu sebagai Ketua Klasis GPM di Kota Tual, ia  menghimbau kepada semua Caleg untuk senantiasa memperhatikan kedamaian keamanan di daerah itu.

Yosep juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada aparat Polres Maluku Tenggara dan TNI, KPU Kota Tual dan Bawaslu Kota Tual, karena atas kinerja mereka, pelaksanaan Pemilu di  Kota Tual berjalan dengan aman dan lancar. Padahal daerah tersebut rawan konflik berdasarkan indek kerawanan pemilu dari Bawaslu RI. (AS)