Ketua KPK : Pemberantasan Korupsi Tidak Cukup Hanya Dengan Cara Penindakan

by

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Ketua Komisi Pembarantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri menyebutkan pemberantasan korupsi tidak cukup dengan cara penindakan semata. Karena jika hanya melalui penindakan, maka tidak serta merta bisa menghentikan orang melakukan korupsi.

“Kegiatan-kegiatan pemberantasan korupsi berdasarkan kajian impiris kami, bahwa tidak cukup dengan cara penindakan, kenapa? Kalau hanya penindakan orang hanya menimbulkan rasa takut dan daya kecut, tetapi tidak menghentikan orang melakukan korupsi,”ujarnya saat memberikan keterangan pers di Kantor Gubernur Maluku, Ambon, Jumat (25/9/2020).

Maka dari itu, lanjut Firli, upaya-upaya pencegahan juga perlu dikedepankan sehingga tidak memberikan peluang atau orang tidak memiliki kesempatan untuk melakukan korupsi.

“Sehingga kegiatan kita KPK mengedepankan pula upaya pencegahan. Apa yang dilakukan? yaitu perbaikan sistem sehingga orang tidak berkesempatan dan peluang melakukan korupsi,”sambungnya.

Loading...

Upaya-upaya pencegahan yang dilakukan KPK diantaranya, melalui penertiban atau penyelamatan aset baik aset milik negara atau daerah. Yang mana sejauh ini kata Firli, penyelamatan aset atau potensi keuangan negara yang dilakukan KPK mencapai Rp 10,4 triliun.

Selanjutnya adalah optimalisasi peningkatan pendapatan daerah. Dimana di 10 provinsi meningatkan peningkatan daerah kurang lebih Rp 80,1 triliun. Disamping itu, pendidikan atau penguatan pemahaman kepada semua kalangan untuk tidak boleh melakukan korupsi juga perlu dilakukan.

“Supaya masyarakat, penyelenggara negara, aparat penegak hukum dan pemangku kepentingan lainnya tidak ingin melakukan korupsi. Inilah saya kira pendekatan KPK supaya tidak melakukan korupsi,”tandasnya.

Firli berada di Kota Ambon selama dua hari untuk sejumlah kegiatan. Diantaranya menghadiri rapat koordinasi perbaikan tata kelola aset PLN dan penyerahan sertifikat tanah Pemerintah Daerah di wilayah Provinsi Maluku yang belangsung di Kantor Gubernur Maluku. (Ruzady Adjis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *