Ketua KPU: Tidak Ada PSU Meski Kotak Suara Dibakar Di Maluku Tenggara

by
KPU Maluku pastikan tidak ada pemungutan suara ulang (PSU) meski ada tragedi pembakaran kotak suara di Maluku Tenggara. surat suara dalam kondisi aman (22/4). FOTO: Priska Birahy)

TERASMALUKU.COM,-AMBON- Ketua KPU Maluku Syamsul Rivan Kubangun mengatakan pembakaran 15 kotak suara di Kabupaten Maluku Tenggara itu telah dilaporkan kepada Bawaslu dan Kepolisian untuk diproses.

Untuk prosesnya tidak ada lagi Pemungutan Suara Ulang (PSU) di tiga TPS yang kotak suaranya dibakar itu, dan langsung pada perhitungan di tingkat PPK saja. “Tidak ada proses PSU di tiga TPS yang kotak suaranya dibakar itu, nanti rekapannya pakai C1 saja,” kata Rivan kepada wartawan di Hotel The City Ambon, Senin (22/4/2019).

Dia mengatakan, pihaknya di Kabupaten telah melaporkan caleg tersebut kepada Bawaslu dan Kepolisian untuk dapat diproses. “Saat ini proses yang sudah berlanjut adalah rekapitulasi di tingkat PPK,” katanya.

Untuk proses Rekapitulasi di PPK, kata dia, tetap berjalan sesuai dengan mekanisme yang ada, dan untuk kotak suara yang telah dibakar akan direkap melalui C1 yang telah dipegang oleh KPU.

“Yang digunakan itu salinan C1 yang kita pegang dan pengawas maupun para saksi, sehingga prosesnya tetap berjalan,” ujarnya. Dia juga mengaku, hal-hal lain saat keberatan nanti akan disampaikan saat pleno di tingkat Kecamatan saja.

Sedangkan untuk Seram Bagian Timur (SBT) yang diduga terjadi pengihan suara itu, tambah Rivan, nanti dibuktikan pada saat rekapitulasi suara, karena prosesnya harus tetap direkap.”Memang nanti ada keberatan, tetapi ada mekanisme sesuai dengan aturan KPU,” katanya. (ALFIAN SANUSI)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *