Ketua MUI Maluku : Fatwa MUI Membolehkan Imunisasi Rubella

by
Ustad Abdullah Latuapo

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Maluku Ustad Abdullah Latuapo menghimbau seluruh  masyarakat Maluku untuk melakukan vaksin imunisasi rubella kepada anak-anak mereka.

BACA JUGA : Sejumlah Sekolah di Ambon Tolak Imunisasi Rubella, Ini Tanggapan Wawali

“Kami dari MUI Provinsi Maluku menghimbau kepada seluruh masyarakat Maluku untuk dapat melakukan vaksin rubella kepada anak-anak,” kata Latuapo kepada wartawan usai sosialiasi imunisasi vaksin rubella di Balai Kota Ambon, Senin (17/9/2018).

Latuapo mengatakan berdasarkan Fatwa MUI nomor 23 tahun 2018 membolehkan warga muslim melakukan vaksin imunisasi rubella dengan pertimbangan darurat syar’i.”Ini adalah program pemerintah jadi harus kita dukung, karena ini demi kepentingan kesehatan anak-anak kedepannya,” kata Latuapo.

Loading...

Olehnya itu, kata dia, anak-anak yang belum divaksin agar dapat melakukan vaksin rubella agar sehat. Menurut Latuapo berdasarkan data, Indonesia menempati nomor ke 9 kematian terbesar di dunia akibat penyakit campak. Karena itu vaksin imunisasi rubella ini sangat penting sekali bagi anak-anak.

Sementara itu Kadis Kesehatan Kota Ambon dr. Wendy Pelupessy mengatakan di sejumlah sekolah yang berbasis muslim di Kota Ambon masih terjadi penolakan terhadap vaksin ini. Itu karena pihak sekolah dan orang tua murid masih menunggu Fatwa MUI tentang vaksin ini.

“Sehingga kita buat sosialisasi kepada seluruh kepala sekolah terkait dengan fatwa MUI yang baru keluar, yang mana membolehkan dilakukan vaksin rubella,” katanya. Wendy mengatakan vaksin yang diberikan ini untuk kepentingan kesehatan anak-anak kedepannya. Jadi sangat penting sekali imunisasi rubella terhadap anak-anak. (IAN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *