Ketua MUI Maluku Tutup Usia

by

TERASMALUKU.COM,-AMBON– Kabar duka itu datang dari ulama dan tokoh agama terkemuka Maluku. Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Maluku Idrus E. Toekan meninggal dunia di Rumah Sakit  Persahabatan, Jakarta, Rabu (15/11) waktu  subuh  karena sakit.

Berita duka ulama sederhana ini ramai di media sosial milik warga Maluku. Para netizen (warga internet) menyatakan duka mendalam atas kepergiaan sosok yang dikenal  tenang ini. Selain menyatakan kehilangan, netizen juga berdoa untuk almarhum. Ungkapan duka juga datang dari Gubernur Maluku Said Assagaff lewat akun facebooknya, Said Assagaff.

“Innalillahi Wa Inna Ilaihi Rojiun.. Atas nama Pemerintah Provinsi Maluku dan keluarga saya menyampaikan turut berduka cita atas wafatnya salah satu tokoh Muslim Maluku yang juga Ketua MUI Maluku periode 2013 – 2017, Bapak H. Drs. Idrus Toekan. Semoga Almarhum khusnul khotimah.

Semoga semua amalan baik yang telah dilakukannya mulai dari pengalaman, nasehat, dan contoh-contoh hidup,baik termaksut Hidup Orang Basudara, yang telah Almarhum berikan selama ini di bukakan pintu Surga yang sebesar-besarnya oleh ALLAH SWT, AMIIN,” Gubernur Maluku. Ir. Said Assagaff.

“Alm. Ayahanda H. Drs. Idrus Toekan , Ketua MUI Propinsi Maluku, telah wafat shubuh waktu Jakarta di RS Persahabatan.  Inna lillahi wa inna ilaihi rajiun. Semoga husnul khotimah,” demikian status  Suhfi Majid, mantan anggota DPRD Maluku di akun facebooknya

Staf sekretariat MUI Maluku Yati Pattisahusiwa menyatakan, jenazah almarhum akan dimakamkan di Jakarta, Rabu ini juga. Istri dan anak – anak almarhum semuanya  berada di Jakarta.“Almarhum akan dikebumikan di Jakarta, Rabu ini juga,” kata Yati.

Meski jenazah tidak dimakamkan di  Ambon, namun  warga memasang tenda di  kediaman almarhum kawasan BTN Kebun Cengkeh Kota Ambon. Warga akan melakukan Shalat Ghaib, pembacaan doa serta Tahlilan kepada almarhum.

Sebelum menjadi Ketua MUI, almarhum adalah seorang birokrat terbaik di Maluku. Almarhum adalah orang yang mempersiapkan berdirinya Kabupaten Halmahera Tengah,Maluku Utara.

Almarhum juga pernah menjadi Bupati Administrasi Halmahera Tengah tahun 1977- 1990. Sebagai birokasi, almarhum juga memenang jabatan penting di Kantor Gubernur Maluku. Setelah pensiun sebagai PNS, almarhum menjadi Ketua MUI Maluku. (ADI)