Ketua PKK Malra Ingatkan Jajarannya Agar Semangat Pengabdian Harus Digelorakan

by
Foto Antaranews

TERASMALUKU, MALRA,- Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Maluku Tenggara (Malra), Eva Eliya Hanubun mengingatkan jajarannya untuk terus menggelorakan semangat pengabdian dalam melaksanakan tugas dan fungsi.

Eva dalam siaran pers yang diterima di Ambon, Jumat, menegaskan hal itu dalam sambutannya pada peringatan Hari Ulang Tahun Ke-49 Kesatuan Gerak PKK Tahun 2021 Tingkat Kabupaten Malra di Aula Kantor Bupati Malra, Kamis (25/3).

“Saya ingin mengingatkan segenap jajaran tim penggerak PKK, para kader PKK dan kader Dasawisma agar menggelorakan semangat pengabdian dalam melaksanakan tugas dan fungsi yang diemban,” katanya.

Menurut dia, penggerak dan para kader PKK harus terus mengembangkan kualitas koordinasi dan kerja sama yang efektif dengan pemerintah maupun berbagai seperti pemuka masyarakat, tokoh agama dan tokoh adat.

“Teruslah bekerja dengan baik. Ingatlah karya yang baik tidak akan terwujud tanpa kerja yang baik pula. Berkaryalah dengan hati yang luhur, serta tingkatkan daya kreativitas dan motivasi dalam pengembangan program-program pokok PKK.

“Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK tahun ini bersifat sederhana dan kita tunjukkan untuk lebih memasyarakatkan Gerakan PKK, meningkatkan pemahaman masyarakat tentang tujuan keberadaan Gerakan PKK, dan meningkatkan kesadaran kader PKK dan masyarakat untuk mau dan terus mendukung 10 Program Pokok PKK untuk kebaikan dan kesejahteraan bersama,” kata Eva.

Dikatakannya, aspiratif merupakan penjabaran dari 10 Program Pokok PKK, peningkatan partisipasi masyarakat dalam mendukung semua program-program PKK, dan revitalisasi kelompok-kelompok Dasawisma dalam rangka ketahanan keluarga.

Revitalisasi Gerakan PKK yang dilakukan di Kabupaten Malra, sesuai instruksi Mendagri tentang Pencanangan Revitalisasi Posyandu dan Revitalisasi Gerakan PKK, seiring dengan mencuatnya berbagai persoalan kemasyarakatan seperti kasus-kasus gizi buruk, busung lapar, lumpuh layu, flu burung , masalah stunting, dan lain-lain, termasuk yang terakhir pandemi COVID-19.

Gerakan PKK terus mengalami revitalisasi sesuai dengan tuntutan dan tantangan perubahan maka strategi TP PKK Malra adalah membangun dari tingkat Dasawisma, dimana dalam tahun 2020, TP PKK Malra memprioritaskan program “Revitalisasi Kelompok Dasawisma Untuk Ketahanan Keluarga”, teristimewa kesiapan keluarga dalam menghadapi pandemi COVID-19.

Untuk mendukung revitalisasi, beberapa program dan kegiatan keorganisasian telah kita lakukan, dimulai dengan pembenahan kelembagaan pada semua jenjang kepengurusan, mendorong Percepatan implementasi 10 program pokok PKK, dimana TP PKK Kecamatan diarahkan untuk bekerja sesuai agenda tahunan dengan metode percepatan perubahan melalui lomba secara berjenjang mulai dari lomba Dasawisma, lomba tingkat Ohoi dan kecamatan.

Selain itu, pada tataran pelaksanaan 10 Program Pokok PKK, setiap Pokja telah bergerak secara bersama melaksanakan berbagai kegiatan dengan prioritas masing-masing.

Pokja I prioritas pada pembentukan karakter keluarga dan mengembangkan semangat gotong royong melalui gerakan kebersihan lingkungan, pembuatan Kebun Dasawisma, serta kegiatan kemanusiaan seperti pembagian makanan Buka Puasa dan Kunjungan ke rumah lansia.