Ketum APPSI : Lima Hal Ini Wajib Diperhatikan Gubernur

by

Laporan: Yanto Samangun

kilasmaluku.com- Ketua Umum (Ketum) APPSI yang juga menjabat Gubernur Sulawesi Selatan Syarul Yasin Limpo, menegaskan ada lima hal yang tidak bisa ditawar saat seseorang menjabat gubernur.

Kelima hal tersebut yakni politik yang harus selaras dengan politik negara, pemerintah yang peduli terhadap rakyat, ekonomi yang terus berputar meskipun dalam tantangan apapun, harus memperhatikan kecerdasan dan agama rakyat, serta kebutuhan keamanan ketentraman dan idiologi negara.

“Kami taat pada perintah presiden. Dan komitmen ini makin kuat dibwah mentri dalam negeri,” ujarnya.

Syahrul mengungkapkan, sebagai gubernur yang memimpin sebuah provinsi, persoalan anggaran bukan hal yang mudah. Gubernur bertanggungjawab pada efektifitas anggaran, dimana dalam iplementasinya kadang gubernur sering mendapat tekanan yang cukup kuat.

Oleh sebab itu, lanjutnya, melalui rakernas yang dibuat, bisa ditemukan solusi dan jalan keluar yang baik. Mengingat para gubernur menangani anggaran puluhan triliun rupiah di daerahnya.

“Jangan biarkan kami di legitimasi oleh aturan-aturan yang tidak jelas dan kami minta perlindungan,” seru Yasin dihadapan Wakil Presiden Jusuf Kalla, Ketua BPK RI, Mendagri dan Mentri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, saat pembukaan Rakernas APPSI di kediaman gubernur Maluku, Mangga Dua Ambon, Kamis 26 Februari.

“Para gubernur sangat komit dengan masalah korupsi,” tegasnya.

Yasin juga mengucapkan trima kasih kepada Gubernur Maluku Said Assagaff yang sudah memfasilitasi kegiatan rakernas  tersebut. Dimana dari 34 gubernur, yang menghadiri sebanyak 22 gubernur dan enam diwakili wakil gubernur. (iqi)