Kiat Jitu Isolasi Mandiri Atasi Gejala Covid 19 Oleh : Melsje Thenu, Penyintas

by
Melsje Thenu. FOTO : DOK PRIBADI

Tiap orang punya pengalaman menyikapi pandemi covid 19. Ada yang mudah panik dan putus asa, ada yang saling menyalahkan dan menyalahkan diri sendiri. Tetapi pula yang bersikap tenang dan mencari solusi yang tepat. Berikut saya bagikan pengalaman menjalani isolasi mandiri hingga sehat kembali.

Kalau merasa gejala batuk, flu, pilek, tenggorokan kering, tidak berasa makanan, hilang penciuman, deman, maka obatnya adalah isolasi mandiri dengan 14 cara ini :

1. Setiap pagi dan sore mandir air hangat, usahakan airnya agak sedikit panas.

2. Sediakan air panas mendidih, teteskan 3 tetes minyak kayu putih, hiruplah uap minyak kayu putih tersebut dengan menutup semua bagian kepala dengan handuk dan hiruplah sampai terasa uapnya masuk ke tenggorokan dan dada ( mungkin sudah sampai di paru-paru)

3. Kalau sudah terasa uapnya sampai di dada, maka kita akan menjadi mual dan ingin mau muntah serta berkeringat…sarannya muntahkan saja. Dan ulangi lagi point dua itu selama 3 – 5 kali sampai benar-benar uap minyak kayu putih itu tidak beruap lagi.

4. Celupkan handuk ke dalam air panas dengan tetesan minyak kayu putih tadi, peras dan bungkus semuah badan dan kepala dengan handuk panas. (Ban dengan air panas)

5. Makan agak lebih banyak, khususnya sayuran hijau dan buah, jika tidak ada rasa maka tetap lawan dan tantang rasa itu.. tetap harus makan… atau kalau tidak usahakan bubur dan telur rebus setiap saat dimakan agar kondisi tubuh tidak drop dan lemas.

6. Minum air panas atau air hangat terus menerus selama masih terasa sakit.

7. Minum vitamin c atau BCom Z dan Nerobion 5000 setiap pagi.

8. Minum susu beruang sebelum tidur di malam hari.

9. Kalau terasa demam pakai pakaian hangat dan selimut, sampai terasa badan mengeluarkan keringat.

10. Minum Dexametazone jika terasa radang pada tenggorokan.

11. Minum obat Flu dan Batuk. (Saya minum Demacolin untuk flu dan demam)

12. Minum rebusan jahe atau lemon tea.

13. Minum rebusan air bawang putih untuk mengembalikan penciuman.

14. Berdoa dan memohon agar Tuhan berikan kesembuhan.

Silahkan bagi yang mau mencoba dengan cara mandiri yang saya lakukan.. Pokoknya sakit itu harus kita lawan dengan tetap menjaga kondisi tubuh kita agar tidak menjadi lemas.
Dan pastikan hati dan pikiran jangan sampai terganggu dengan halusinasi atau berpikir macam-macam.

Ini pengalaman sakit saya selama dua minggu lalu. Puji Syukur saya telah sembuh dan bisa beraktivitas. Salam sehat. Salam tangguh !