Kisah Kapolda Saat Ditahan Tim Covid-19 di Pintu Masuk SBB, Diminta Surat Sehat

by
Kapolda Maluku Irjen Pol Baharuddin Djafar didampingi Bupati SBB (baju batik) mengunjungi RSUD Piru untuk memberikan semangat kepada seorang warga hasil rapid test reaktif yang dikarantina di RSUD, Kamis (11/6/2020). FOTO : ISTIMEWA

TERASMALUKU.COM,-PIRU-Kapolda Maluku Irjen Pol Bahruddin Djafar mengungkapkan penerapan protap kesehatan di Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) sangat ketat. Pemerintah dan warganya sangat disiplin menjalankan protokol kesehatan.

BACA JUGA : Kapolda Maluku Serahkan Bantuan Sembako dan Alkes ke Tenaga Medis RSUD Piru

BACA JUGA : Belajar Dari SBB Tekan Penyebaran Covid-19

Penjagaan pintu masuk dan keluar SBB menurut Kapolda tidak kalah ketatnya. Jenderal Bintang Dua ini pun mengisahkan saat hendak masuk ke Kabupaten SBB, Kamis (11/6/2020).

Menurunya, sebelum masuk Kabupaten SBB, ia bersama rombongan ditahan oleh tim Covid-19 Kecamatan Elpaputi di perbatasan SBB dan Kabupaten Maluku Tengah. Kapolda diperiksa surat jalan dan surat keterangan berbadan sehat oleh tim Covid-19. Ia juga diharuskan mencuci tangan serta mencek suhu tubuh di pos covid-19 perbatasan. Petugas Covid-19 tahu betul Kapolda dan rombongan yang akan masuk SBB.

“Saya lihat semua menjalakan protap kesehatan, pakai masker jaga jarak, cuci tangan dan sungguh ketat. Saya tadi dan rombongan ditahan oleh tim Covid Kecamatan Elpaputi (saat mau masuk SBB) ditanya surat jalan, mereka tes suhu tubuh dan disuruh cuci tangan oleh tim yang dikawal oleh camat. Ya kita ikuti,” ungkap Kapolda saat menyerahkan bantuan sembako dan alat kesehatan kepada tenaga medis di RSUD Piru, Ibukota Kabupaten SBB, Kamis (11/6/2020).

Loading...

Penerapan protap kesehatan yang tegas tersebut menurut Kapolda membuat Kabupaten SBB berhasil menekan angka covid-19 di wilayah itu. Kapolda mengatakan sejak warga terkonfirmasi covid-19 di wilayah Maluku, Kabupaten SBB tercatat hanya empat orang yang poisitif, dan kini sudah sembuh.

Karena itu, Kapolda mengapresiasi kinerja Pemerintah Kabupaten (Pemkab) SBB  dan Tim Gurus Tugas Penanganan Covid-19 SBB yang berhasil menekan penyebaran virus corona atau covid-19 di wilayah itu. Ia juga mengapresiasi masyarakat SBB yang disiplin mengikuti anjuran pemerintah.

“Saya Kapolda Maluku dan juga sebaga Ketua II Tim Gugus Tugas Penangan Covid-19 Provinsi Maluku sangat mengapresiasi kinerja Pemda SBB dan tim covid yang berhasil menekan angka covid-19 di daerah ini. Dari awal Kabupaten SBB yang positif virus corona empat orang dan sekarang sudah dinyatakan sembuh total,” kata Kapolda sambil menepuk tangan.

Kapolda yang didampingi Bupati SBB M.Yasin Payapo, Sekda SBB Mansur Tuharea, Direktur RSUD Piru dr Johan Selano dan para pejabat lainnya itu mengatakan, keberhasilan menekan angka virus mematikan ini oleh Pemkab SBB dan tim Covid-19 SBB merupakan sebuah prestasi yang harus dipertahankan.

“Keberhasilan ini harus dipertahankan, kedepan kami bedoa dengan kerja keras, disiplin menjalankan protap kesehatan tidak ada lagi yang positif,” tutur Kapolda. (FADLI.B)

BACA JUGA ARTIKEL MENARIK FADLI LAINNYA 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *