Klarifikasi Ketua Satgas Covid-19 Banda Terkait Video Adanya Pasien Positif

by

TERASMALUKU.COM,AMBON,- Ketua Satgas Covid-19 Banda memberikan klarifikasinya terkait kabar adanya pasien positif Covid-19 dari Banda yang dibawa ke Ambon. Itu terjadi melalui rekaman video seorang warga.

Dalam video berdurasi 60 menit tersebut merekam proses penjemputan empat orang dari Banda di Pelabuhan Tulehu, Pulau Ambon. Orang yang merekam lantas menyebut mereka sebagai pasien positif dan meminta warga Tulehu untuk waspada.

Kadir Sarilan, Camat Banda yang juga ketua Satgas Covid-19 Banda membantah hal itu. “Empat dari Banda berstatus PDP dengan diagnosa awal dokter di RSUD Banda. Telah dilakukan Rapid Test di RSUD Banda dan hasilnya negatif (non-reaktif, red),” ungkap Kadir kepada kepada wartawan di Banda, (14/4/2020).

Loading...

Berdasar hasil diagnose awal dokter, dua dari empat orang itu diketahui mengidap DB dan Pneumonia. Pemindahan empat orang dari Banda ke Ambon tak lain karena keterbatasan peralatan kesehatan yang ada di RSUD Banda.

Satgas, kata Kadir lantas merujuk mereka untuk mendapat pemeriksaan intensif di RST Ambon. Hal itu juga ditempuh dengan mempertimbangkan riwayat perjalanan mereka yang datang dari Jakarta. “Untuk itu saya menghimbau masyarakat Banda maupun Maluku agar tidak mudah menyebarkan info yang belum jelas kebenarannya,” tegas Kadir. (MEMET)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *