KM. Mersia Yang Membawa Wisata Asing Dan 9 Warga Indonesia Tujuan Banda Tenggelam Di Laut Banda

by

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Kapal Motor (KM) Mersia rute Pelabuhan Tulehu, Pulau Ambon  tujuan Banda Naira Kabupaten Maluku Tengah  tenggelam di Laut Banda, pada Kamis (14/3/2019) pagi.  Kapal  pinisi tersebut berangkat dari Pelabuhan Tulehu menuju Pulau Banda,  Rabu (13/3/2019) sekitar pukul 19.00 WIT.

Saat berangkat kapal mengangkut 15 orang. Yakni, 5 orang warga negara asing (WNA) seorang warga Negara Indonesia, sebagai pemandu wisata dan delapan orang anak buah kapal (ABK) asal Indonesia. Lima orang WNA merupakan wisatawan yang akan mengunjungi Kepulauan Banda. Lima WNA itu adalah seorang warga Negara Belanda,  seorang warga Philipina, dua warga Negara Qatar dan satu warga Negara REPUBLIC OF SEYCHELLES.

“Info dari agen kapal, KM. MERSIA sudah tenggelam dan seluruh korban POB (penumpang di kapal) 14 orang berada di diatas LIFE CRAFT dan masih bisa berkomunikasi dengan agen kapal di Bali Via telepon satelit,” kata Kepala Kantor SAR Ambon, Muslimin dalam siaran pers, Kamis (14/3/2019).

Muslimin mengatakan berdasarkan informasi dari pegawai Syahbandar Tulehu, sebelumnya dilaporkan  KM. Mersia menggalami  mati mesin di Selatan Pulau Ambon. Namun akhirnya kapal tenggelam. “Tadi pagi (Kamis) korban tinggalkan kapalnya pada pukul 07. 10 WIT  sesuai info dari agen kapal karena kapal  mau tenggelam,” kata Muslimin.

Belum diketahui pasti penyebab kapal tenggelam. Namun Muslimin menjelaskan di lokasi tenggelammya kapal, tinggi gelombong mencapi  2 meter, angin barat laut dengan kecepatan  25 Knots.

Muslim juga mengatakan saat ini, team rescue dari Kantor SAR Ambon menuju ke lokasi tenggelamnya KM. Mersia dengan menggunakan Kapal KN SAR 235 Abimanyu.

Berikut nama penumpang KM. Mersia

.     1. JEAN CLAUDE PHILLIPPE (WNA/ NEDERLAND)

  1. MARINDA EDISON (WNA/ PHILIPINE)
  2. MOHAMMEND HASASAN (WNA/ QATAR)
  3. EDWIN JOSSSE BISSLIK (WNA/ QATAR)
  4. ANTONI ALBERT AUBREY (WNA/ REPUBLIC OF SEYCHELLES)
  5. ANDI NASIR HAMADIN (WNI/ PEMANDU WISATA)
  6. SADI RUDIN (NAHKODA)
  7. ANDIDASRIL (MUALIM I)
  8. FRITWAN KEKENUSA (KKM)
  9. SULAIMAN AMIR (MAS II)
  10. SHAQ HARFENDY (OILER)
  11. ABDUL GHANI (KELASI)
  12. MUH SATING (WIPER)

14.    JUNAIDI   (ASS KOKI).  (ADI)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *