Kodim 1506 Namlea Aktif Penghijauan di Kawasan  Gunung Botak

by
Aparat Kodim 1506/Namlea bersama warga menanam bibit pohon di kawasan Dusun Wamsait seputaran Gunung Botak Kabupaten Buru, Sabtu (20/1).

TERASMALUKU.COM,-AMBON- Komando Distrik Militer (Kodim) 1506/Namlea aktif dalam penghijauan yang melibatkan masyarakat dengan cara menanam bibit pohon di kawasan Dusun Wamsait seputaran Gunung Botak Kabupaten Buru, Sabtu (20/1).

Dalam siaran  pers Penrem 151/Binaiya yang diterima Terasmaluku.com menyebutkan,  penanaman pohon tersebut merupakan salah satu wujud kepedulian Kodim 1506/Namlea di bidang lingkungan hidup. Selama tahun 2017, Kodim Namlea telah banyak menanam pohon di sekitar Gunung Botak yang melibatkan masyarakat setempat.

Kini diawal tahun 2018, Kodim Namlea yang dikomandoi langsung Komandan Kodim (Dandim) 1506/Namlea, Letkol Inf Sindu Hanggara kembali menjadi pelopor dalam rangka menghijaukan gunung botak yang kondisinya sudah sangat mengenaskan akibat dampak penambangan emas illegal.

Gunung botak merupakan suatu kawasan pertambangan emas yang telah ditutup sejak 17 Maret 2017 lalu oleh pemerintah karena sangat merusak lingkungan hidup akibat  adanya kandungan mercury hasil pengolahan emas ilegal. Gunung botak yang sebelum adanya tambang tersebut sangat hijau, kini kondisinya sangat mengenaskan.

“Dengan pertimbangan demi melestarikan lingkungan hidup dan kelangsungan anak cucu kitalah, Kodim Namlea terus menerus mengajak dan menghimbau kepada masyarakat sekitar gunung botak agar peduli terhadap kelangsungan lingkungan hidup,” kata Letkol Inf Sindhu Hanggara.

Adapun jenis bibit pohon yang di tanam antara lain, pohon kayu manis 100 buah, pohon trembesi 100 buah serta pohon kayu besi 150 buah yang ditanam oleh anggota Kodim Namlea dan masyarakat yang sangat antusias dengan kegiatan penghijauan tersebut. (IAN)