Kodim Ambon Tumbuhkan Rasa Nasionalisme Pelajar

by
Anggota TNI membekali pengetahuan baris berbaris pelajar di Ambon, dalam sosialisasi rasa nasionalisme, Kamis (27/7). FOTO : PENREM 151 BINAIYA

TERASMALUKU.COM,AMBON-Jajaran Kodim 1504 Ambon menggelar sosialisasi wawasan kebangsaan kepada para pelajar di wilayah Koramil 1504-03 Saparua dan Koramil 1504-01 Baguala pada Kamis (27/7). Wawasan kebangsaan diberikan kepada 60 orang pelajar SMP Negeri 16 Desa Nania Kota  Ambon dan 70 orang pelajar SMA Negeri 4 Porto Kecamatan  Saparua Kabupaten  Maluku Tengah.

Komadan Kodim (Dandim) 1504 Ambon Letkol Inf Roynald Sumendap menyatakan kegiatan yang digelar secara  serentak pada dua sekolah ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air dan nasionalisme para pelajar sebagai generasi penerus bangsa. Menurut Dandim, generasi muda merupakan generasi penerus bangsa yang memiliki potensi untuk memajukan Bangsa Indonesia.

Agar generasi muda Indonesia menjadi generasi yang kuat dan dan tangguh dalam menghadapi tantangan kedepan, maka generasi muda Indonesia perlu dibekali dengan semangat nilai-nilai Pancasila.  “Dalam sosialisasi ini jajaran kami mengingatkan para pelajar untuk memiliki rasa toleransi dan kepedulian kepada sesama serta mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” katanya.

Selain itu menurut Dandim,  para pelajar juga diingatkan tidak membeda-bedakan agama, suku maupun budaya, tetap menjaga dan memelihara persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia yang terdiri dari berbagai macam suku, budaya, bahasa serta penduduk yang memiliki keyakinan berbeda-beda.

Disamping itu para pelajar juga diingatkan untuk selalu rajin belajar dan menimba ilmu setinggi-tingginya untuk memajukan bangsa Indonesia. Tidak terlibat dalam pergaulan bebas, narkoba, minum-minuman keras dan perbuatan lainnya yang dapat merugikan diri sendiri maupun keluarga. “Sebagai warga negara yang baik pelajar merupakan generasi muda harus dapat mengisi pembangunan dengan berbuat terbaik bagi kemajuan bangsa,” katanya.

Sosialisasi wawasan kebangsaan menyajikan materi tentang ideologi Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika dan disampaikan oleh personel Kodim.  Pada kesempatan yang sama para pelajar juga dibekali pengetahuan baris-berbaris yang melatih kedisiplinan serta kerja sama tim yang nantinya berguna bagi para pelajar dalam aplikasi di dunia kerja. (IAN)