Kodim Buru Panen Padi Sembada

by
Panen Padi Sembada di Buru. FOTO : DOK. TERASMALUKU.COM

AMBON-Komando Distrik Militer (Kodim) 1506 Pulau Buru, Kamis (14/4) menggelar panen padi varietas sembada 168 di lahan milik Kodim. Panen padi di lokasi percontohan sawah yang dipimpin langsung Komandan Kodim Letkol Inf. Faizal Rizal itu menghasilkan gabah kering hasil panen sebanyak 12 ton.Penanaman padi dengan varietas sembada itu atas kerjasama Kodam 16 Pattimura dengan PT. Bio Gane Geresik pada lahan percontohon satu hektare milik Kodim.

Faizal menyatakan, ada beberapa keunggulan padi ini dibanding dengan bibit padi Lokal. Yakni padi sembada lebih tahan dari serangat hama penyakit padi berupa kerak daun, sundep dan wereng. Karena menurutnya, padi ini memiliki daun yang hijau tebal dan besar. “Terbukti dengan adanya beberapa padi yang berada dalam satu hamparan terkena hama tersebut tapi padi sembada tidak mengalami serangan hama,”katanya.

Loading…

Selain itu keunggulan lainnya dengan cukup menanam satu hingga dua buah bibit dapat berkembang biak menjadi 30 sampai 33 anakan. Sedang padi lokal yang berada di Pulau Buru hanya mampu berkembang 25 sampai 27 anakan saja.
Sehingga menurut Faisal dengan padi sembada ini akan meningkatkan produktifitas padi serta menghemat bibitnya. “Sangat menghemat bibit dengan cukup 15 kg bibit sembada dapat ditanam pada lahan satu hektare, serta banyak keunggulan lainnya seperti sekali tanam dapat dilaksanakan tiga sampai empat kali panen,” katanya. (ADI)