Kodim Masohi dan Saka Wira Kartika Gelar Persami

by
Kegiatan Persami (Perkemahan Sabtu Minggu) Saka Wirakartika di Desa Layane, TNS Kabupaten Maluku Tengah, Sabtu (30/3/2019).

Kegiatan Persami (Perkemahan Sabtu Minggu) Saka Wirakartika merupakan salah satu sarana untuk membentuk dan membina generasi muda sebagai pemimpin-pemimpin bangsa dimasa depan agar mempunyai kepribadian yang kuat, bersemangat, ulet, pantang menyerah, disiplin, inovatif dan pekerja keras demi mendorong kemajuan serta keberhasilan tercapainya cita-cita bangsa.

Hal tersebut disampaikan Perwira Staf Teritorial, Kapten Inf Agung Prabowo, selaku Inspektur Upacara pembukaan Persami Saka Wirakartika Kodim 1502/Masohi di Dusun Timur Jaya, Desa Layeni, Kecamatan Teon Nila Serua, Kabupaten Maluku Tengah, Sabtu (30/3/2019).

Menurutnya, pembinaan dan pembekalan terhadap Saka Wira Kartika melalui kegiatan Perkemahan Sabtu Minggu adalah sangat tepat, dimana saat ini merupakan era globalisasi yang semua pengaruh positif maupun negatif dapat diakses langsung melalui teknologi dan informasi.

“Oleh karena itu agar tidak terpengaruh oleh dampak negatif dari arus globalisasi, maka harus dimulai dari membangun dan membina sumber daya manusia, khususnya kepada segenap Anggota Saka Wira Kartika, sehingga dapat menjadi insan yang tangguh dan dapat memiliki keunggulan komparatif yang dapat mengangkat kehormatan, integritas dan jatidiri bangsa,” kata Agung.

Ada 5 Krida yang diajarkan dalam pembinaan Saka Wira Kartika, yaitu Krida Navigasi Darat, Krida Mounteneering, Krida Pioneering, Krida Penanggulangan Bencana Alam dan Krida Survival. Agung mengatakan, setelah Anggota Saka mengetahui dan mempelajari krida-krida tersebut, diharapkan memiliki keterampilan dan mampu melaksanakan dalam kehidupan sehari-hari.

“Di samping itu kegiatan Persami Saka Wira Kartika merupakan salah satu implementasi dan upaya konkret dari TNI dalam memberdayakan wilayah pertahanan dengan kegiatan kepramukaan, selanjutnya diharapkan kegiatan ini mampu mendukung upaya pertahanan negara dan keberadaan TNI AD khususnya sebagai komponen utama dalam sistem pertahanan negara,”ungkapnya.

Turut Hadir dalam kegiatan tersebut, Danramil 1502-11/Waipia, Kapten Inf Dewa Agung, Anggota Kodim 1502/Masohi 20 orang dan siswa-siswi berjumlah 70 orang. (ADV)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *