Kodim Namlea Kerjakan TMMD dan Cetak Sawah Demi Kesejahteraan Rakyat

by
Pangdam XVI Pattimura Mayjen TNI Doni Monardo dan Bupati Buru Ramly Umasug, meninjau lokasi TMMD di Desa Pela Kabupaten Buru, Sabtu (8/7). FOTO : Edy Latuconsina

 

TERASMALUKU.COM,NAMLEA-Kodim 1506 Namlea saat ini mendapatkan kepercayaan melaksanakan dua kegiatan Bhakti TNI sekaligus di wilayah Kodim yaitu Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD)  ke-99 dan Cetak Sawah. Kegiatan Bhakti TNI dikerjakan untuk membantu mengatasi kesulitan masyarakat di Pulau Buru.

TMMD dilaksanakan di Desa Pela yang lokasinya ditempuh melalui jalur laut. Sementara kegiatan cetak sawah dikerjakan di tiga kecamatan. Yaitu Kecamatan Waeapo, Kecamatan Lolong Guba dan Kecamatan Waelata.  Pangdam XVI Pattimura, Mayjen TNI Doni Monardo dan Bupati Buru Ramly Umasug Sabtu (8/7) meninjau dua kegiatan Bhakti TNI itu, baik lokasi TMMD di Desa Pela dan cetak sawah.

Dalam keterangan pers Penrem 151 Binaiya yang diterima Terasmaluku.com, Minggu (9/7) menyebutkan, kunjungan Pangdam  ini untuk mengetahui sejauh mana perkembangan yang telah dicapai dan kendala apa saja di lapangan. Sehinga mendapatkan solusi yang tepat agar  kegiatan dapat selesai dengan lancar dan sukses demi kesejahteraan masyarakat.

Untuk TMMD,  sasaran yang dikerjakan meliputi sasaran fisik dan non fisik yang melibatkan personil TNI dibantu Polri. Selain aparat keamanan, masyarakat desa juga  ikut membantu penyelesaian pekerjaan, khususnya pekerjaan fisik seperti pembangunan Taman Pengajian Qur’an (TPQ), Perluasan Masjid dan Pembuatan Saluran Drainase sepanjang 50 meter.

Sementara itu untuk  kegiatan cetak sawah, lahan yang dicetak seluas 1600 Ha yang dikerjakan sejak Februari.  Dan saat ini masih pada tahap pengerjaan beberapa lahan dengan menggunakan alat berat serta melibatkan personel Korem 151 Binaiya.

Cetak sawah ini nantinya akan digunakan oleh petani dalam produksi padi sehingga diharapkan produksi padi yang ada di pulau Buru meningkat dan dapat mendukung ketahanan pangan. Dalam kunjungan itu, Pangdam memberikan atensi besar atas kegiatan Bhakti TNI baik TMMD maupun cetak sawah.  Menurut Pangdam, kegiatan Bhakti TNI  dilakukan untuk membantu warga demi kesejahteraan masyarakat desa.

“Kami memberikan apresiasi atas pelaksanaan kegiatan TMMD dan cetak sawah yang membantu masyarakat dan pemerintah  daerah. Karena di berbagai desa yang sulit transportasi, kegiatan  pembangunan belum memadai, sehingga kegiatan TNI ini dapat membantu masyarakat kami dan pemerintah daerah,” kata Bupati. (ADI)