Kodim Namlea Pelopori Reboisasi Gunung Botak

by
Anggota Kodim Namlea bersama warga menanam pohon di kawasan Gunung Botak Kabupaten Buru, Senin (27/11). FOTO : PENREM 151 BINAIYA

TERASMALUKU.COM,-AMBON- Kepedulian Komando Distrik Militer (Kodim) 1506/Namlea terhadap kelestarian lingkungan hidup tercermin dengan mempelopori program reboisasi di Kawasan Tambang Emas Gunung Botak Kabupaten Buru. Sebanyak 1.500 pohon berbagai jenis  ditanam di  areal Tambang Emas  Gunung Botak Namlea, Senin (27/11).

Reboisasi yang dilaksanakan anggota Kodim 1506/Namlea merupakan bentuk kepedulian demi terpeliharanya lingkungan hidup di sekitar Gunung Botak.  Perwira Seksi Teritorial, Lettu Inf Thamrin beserta anggota Kodim lainnya memberikan pohon Jati, Damar dan Trembesi kepada warga Desa Dafa dan Kampung Wamsait kwasan Gunung Botak.

“Jumlah pohon yang telah kita salurkan sampai hari ini berjumlah 600 pohon, terdiri dari 200 batang pohon jati, 200 batang pohon dammar dan 200 batang pohon trembesi. Rencananya kita akan menyalurkan 1500 pohon tersebut,” ungkap Pasiter sebagai Kordinator lapangan dalam keterangan pers Penerangan  Korem 151 Binaiya kepada Terasmaluku.com.

Penanaman yang telah berjalan sejak beberapa hari lalu dan dibantu oleh masyarakat setempat sampai saat ini masih dilaksanakan. “Kami berharap dengan ditanamnya pohon ini, lingkungan alam Gunung Botak dapat lebih baik lagi dari kondisi sebelumnya,” ujar Pasiter.

Ia mengungkapkan, masyarakat sekitarpun sangat senang dengan adanya reboisasi tersebut. Menurut mereka kondisi Gunung Botak sudah sangat memprihatinkan sejak adanya aktifitas pertambangan. Sebanyak 50 orang warga sekitar membantu penanaman pohon tersebut dengan sukarela.

“Ini kan juga demi kelangsungan hidup anak cucu mereka, makanya mereka sangat bersemangat ketika kita beri informasi akan diadakan reboisasi di tempat ini,”ungkap Serma Waimese, salah satu anggota Kodim Namlea.(IAN)