Kodim Persiapan SBB Goreskan Catatan Pengabdian Melalui Karya Bakti

by
Aparat TNI dari Kodim Persiapan SBB bersama warga menggelar kerja bhakti di Dusun Tanjung Karang Desa Way Salak Kecamatan Huamual Belakang, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Rabu (1/4/2020). FOTO : PENREM 151/BINAIYA

Karya Bakti di Dusun Tanjung Karang Desa Way Salak Kecamatan Huamual Belakang, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) merupakan program dari Kodim persiapan SBB. Karya aparat TNI itu sebagai goresan pengabdian sebelum purna tugas di wilayah Kabupaten SBB.

Kepada masyarakat khususnya di Dusun Tanjung Karang, melalui pembangunan infrastruktur guna meningkatkan perekonomian dan kelancaran lalu lintas, maka direhab 3 buah jembatan dan memperkeras jalan sepanjang 30 meter serta memupuk jiwa gotong royong sehingga terjalin rasa persatuan dan kesatuan masyarakat bersama jajaran Kodim persiapan SBB.

Dalam kerja bakti, Minggu (29/3/2020) ini sebanyak 30 personil dari Kodim persiapan yang dipimpin langsung oleh Mayor Inf Pantas Hutapea bergabung dengan 80 orang masyarakat bekerja tak kenal lelah.

“Karya Bakti ini merupakan program yang memang sudah disiapkan oleh Kodim persiapan SBB sebelum masa tugas berakhir, untuk membangun infrastruktur yang belum ditangani oleh pemerintah daerah guna meningkatkan perekonomian masyarakat,” kata Mayor Inf Pantas Hutapea.

Kegiatan ini terlaksana karena adanya koordinasi Danpos ramil persiapan Pelda Ujang Ramdhan dengan Camat Huamual Belakang.

Loading...

Perwira penghubung (Pabung) Kodim persiapan SBB Mayor Inf Hutapea mengatakan, untuk sasaran karya bakti lebih diutamakan pengabdian dan harus fokus pada sasaran fisik, seperti rehab 3 buah jembatan dan pengerasan tanah yang becek sepanjang 30 meter dengan cara diperkeras menggunakan pasir dan batu.

“Saya berharap pekerjaan ini bisa selesai dalam 1 hari karena semua bahan sudah disiapkan sejak awal dan tenaga masyarakat yang cukup banyak dapat kita manfaatkan sebaik-baiknya,” jelas Mayor Inf Hutapea.

Hutapea mengatakan, rehab jembatan dan pengerasan jalan rusak adalah permintaan masyarakat Dusun Tanjung Karang. Jalan tersebut adalah jalan pintas yang bisa dipercepat dalam kegiatan perekonomian masyarakat untuk menjual hasil bumi maupun laut.

“Saya berharap bahwa dengan rehab dan pengerasan jalan ini dapat membantu mengurangi beban biaya karena tidak ada lagi perlu memutar jauh sehingga kesejahteraan masyarakat bisa meningkat,” pintanya.

Sementara Camat Huamual Belakang, Usman Manidja mengatakan merasa terhormat karena wilayahnya dijadikan karya bakti pengabdian oleh Kodim persiapan SBB. Camat bersama masyarakat desa akan bekerja maksimal secara gotong royong serta bahu-membahu menyelesaikan secara fisik sesuai target dari Pabung Kodim persiapan yakni, satu hari selesai.

“Untuk itu sudah saya sampaikan dan koordinasikan kepada seluruh Kepala Dusun supaya maksimal mengirim tenaga kerja dan alat sesuai tempat yang telah dibagi-bagi ,”ujar Usman. (ADV)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *