Komisi XI DPR RI Pastikan Keamanan Nasabah Menabung di Perbankan Nasional

by
Ketua Komisi XI DPR-RI Dito Ganinduto. FOTO : ANTARA

TERASMALUKU.COM,-Ketua Komisi XI DPR-RI Dito Ganinduto memastikan bahwa pengelolaan sistem keuangan di perbankan dalam kondisi aman, sehingga nasabah tidak perlu khawatir menyimpan dananya di perbankan nasional.

“Nasabah tenang saja, kami kemarin juga sudah rapat dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, semua prudent. Apalagi ada Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) yang melindungi simpanan atau dana nasabah sesuai ketentuan yang berlaku,” kata Dito kepada ANTARA di Jakarta, Selasa (5/11/2019).

Menurut Dito, masyarakat juga agar tidak mudah percaya pada isu-isu yang meresahkan.”Jika terjadi kasus tertentu, harus diklarifikasi karena masih perlu dibuktikan kebenarannya,” ujarnya.

Ia menjelaskan, Komisi XI akan terus berkoordinasi dengan mitra kerjanya, termasuk perbankan nasional dan LPS untuk mengetahui perkembangan kinerja di masing-masing lembaga.

Sementara itu, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Wimboh Santoso menekankan bahwa kondisi industri perbankan saat ini aman dan terkendali, sehingga masyarakat tidak perlu ragu untuk berinvestasi.”Jangan terpengaruh dengan informasi-informasi keliru mengenai kondisi perbankan,” ujar Wimboh.

loading...

Wimboh mengatakan, koordinasi antar regulator di industri keuangan juga berjalan baik. Industri perbankan nasional sudah memiliki Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) yang melindungi simpanan atau dana nasabah sesuai ketentuan yang berlaku.

“Kalau ada kasus tertentu ya bukan berarti secara keseluruhan bank tidak aman. Masyarakat tidak perlu khawatir atau takut kalau mau investasi di bank atau lembaga non-bank. Semua kan sudah ada aturannya, jadi pasti aman,” ujar Wimboh. (ANT)

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *