Komunitas BaileoDOC Ajak Siswa Morella Bikin Film

by
Yayasan Seni Kelola bersama Komunitas BaileoDOC menggelar workshop film kepada siswa MA Al-Hilal Desa Morella Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), Jumat (13/4).

TERASMALUKU.COM,-AMBON- Memperingati Hari Film Nasional (HFN) 30 Maret 2018 lalu, Yayasan Seni Kelola bersama Komunitas BaileoDOC menggelar workshop film kepada 50 siswa di Madrasah Aliyah (MA) Al-Hilal Desa Morella Kecamatan Leihitu  Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), Jumat (13/4).

Manajer program, Rifky Husain mengungkapkan, keanekaragaman seni dan budaya di Indonesia merupakan kekayaan yang tak ternilai. Dengan kondisi tanah air yang penuh tantangan saat ini, dia mengatakan, keberlanjutan beragam seni dan budaya Indonesia memerlukan dukungan dari semua anak bangsa.

“Program-program BaileoDOC dan Yayasan Kelola disusun sebagai tanggapan terhadap berbagai kebutuhan dan permasalahan yang diungkapkan oleh masyarakat seni visual, tari, musik dan teater Indonesia,” ujarnya.

Tidak terkecuali melalui media film. Pasalnya menurut dia, melalui film para peserta bisa ikut melestarikan seni dan budaya yang kita punya dan diwariskan para pendahulunya. “Kami berharap para peserta workshop melihat keanekaragaman seni dan budaya tersebut itu sebagai ide untuk menciptakan sebuah film pendek,” ujarnya.

Dia menargetkan, workshop yang digelar selama tiga hari itu, dapat menghasilkan lima karya film yang diciptakan oleh siswa MA Al Hilal. Dalam kegiatan itu para peserta menerima materi perfilman sepeti, penulisan naskah skenario, sinematografi, penyutradaraan dan manajemen produk film oleh Komunitas Liga Film Mahasiswa Obscura Alhazen IAIN Ambon. (IAN)