Komunitas Hikayat Tanah Hitu Raih Penghargaan Dari Mendikbud

by
Mendikbud bersama penerima penghargaan. FOTO : DOK : Alfian Al Ayubi Pelu

 

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI Muhajir Efenddy, memberikan penghargaan kepada  Komunitas Taman Baca Barakate Hikayat Tanah Hitu, sebagai Taman Baca Kreatif-Rekreatif. Penghargaan ini diberikan Mendikbud pada Puncak Peringatan Hari Akasara Internasional 7 September di Kuningan Jawa Barat pada Jumat (8/9).

Program Manager Taman Baca Hikayat Tanah Hitu Alfian Al Ayubi Pelu kepada Terasmaluku. com, Senin (11/9) mengungkapkan,  penghargaan Mendikbud diberikan kepada Taman Baca Masyarakat (TBM) yang keratif dalam menjalankan programnya.”Program TBM tidak hanya bertumpu pada peningkatan aktivitas membaca dan menulis, tapi menjalankann program seni budaya, digital, kewirausahan, dan pengelolaan sampah,” kata Pelu.

Ia menyebutkan, terdapat 5 taman TBM dan 5 pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM) yang diberikan penghargaan Taman Baca Kreatif dan Rekreatif 2017. “Hikayat Tanah Hitu adalah salah satu yang menerima penghargaan sebagai TBM yang kreatif di Indonesia,” katanya.

Loading...

Di acara ini, kata Pelu, para penggiat literasi dari seluruh Indonesia berkumpul, berbagi pengetahuan dan bertukar pengalaman tentang upaya dan inisiatif apa yang telah dilakukan dalam memajukan literasi di Indonesia.

Pelu mengungkapkan, untuk mendapatkan penghargaan Mendikbud tersebut, melalui proses yang sangat panjang. Yakni proses mendaftar hingga diumumkan sebagai salah satu penerima penghargaan.

“Prosesnya dimulai dari menulis esai, mengumpulkan dokumentasi kegiatan, syarat jumlah buku di rumah baca yang harus lebih dari 1.000. Setelah itu, panitia dari Kemendikbud dan Forum Taman Bacaan Nasional akan melakukan penilaian dan kunjungan ke Taman Bacaan Masyarakat yang menjadi kandidat penerima penghargaan,”katanya.

Menurutnya, Bagi Komunitas Hikayat Tanah Hitu, penghargaan ini makin membuktikan, kerja keras dan mimpi akan saling mendukung untuk bisa tercapai. Penghargaan ini juga menurutnya, dipersembahkan untuk komunitas kreatif di Maluku. (IAN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *