Koneksi Internet Sempat Terputus, Kini Kembali Pulih

by
Manager network telkomsel Maluku akui ada penurunan kualitas koneksi internet yang berimbas pada akses internet yang buruk di Papua Maluku Sulawesi dan Kalimantan. FOTO: PRISKA BIRAHY

TERASMALUKU.COM -Ambon, Konseksi intenet di kota Ambon semppat lamat dan terputus selama sekitar 1 jam penuh. Pengguna telepon selular kesulitan mengakses berbagai aplikasi online. Facebook, Instagram, whatsap pun YouTube alami gagal konseksi yang cukup lama. Termasuk portal berita online juga kesulitan mengunggah berita ke dalam laman di situs mereka.

Telkomsel sebagai salah satu provider terbesar dan penguasa pangsa pasar di Maluku pun angkat bicara. Adanya kerusakan dan kegagalan akibatkan sambungan internet mati. Andi Muhlis manager network Telkomsel Maluku mengakui adanya penurunan kualitas layanan internet di wilayah kerjanya.

“Ada penurunan. Di Maluku Papua dan Sulawesi. Kami lagi telusuri,” bebernya kepada Terasmaluku.com saat ditemui di lantai dua Telkomsel Maluku Jalan Dr Sitanala Waringin-Ambon.

Problem konektifitas itu berimbas pada layanan platform 3G maupun 4G. Secara singkat Andi menjelaskan, adanya gangguan pada link kapasitas transport yang membawa jaringan data di Sulawesi.

loading...

Konskeis internet antar pulau yang menggunakan fiber optik itu kemungkinan tergganggu. Menurut di, pihak telkomsel masih menyewa kanal transmisi untuk mengirim data ke seluruh pelosok. Namun dia tak bisa memastikan kerusakan yang seperti apa. “Yang pasti ada penurunan sekitar 40 persen akibat itu,” sambungnya.

Atas kejadian itu pihak holding telkomsel pun memberi pernyataan permohonan maafnya. “Saat ini layanan data di wilayah area Pamasuka (Papua, Maluku, Sulawesi, dan Kalimantan) telah normal sepenuhnya. Kami menyampaikan permohonan maaf atas gangguan dan ketidaknyamanan yang telah terjadi,” Denny Abidin, GM External Communications Telkomsel. (PRISKA BIRAHY)

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *