Konvoi Takbiran di Ambon, Warga Bawa Bendera Palestina

by
Warga membawa Bendera Palestina saat pawai malam Takbiran di kawasan Jalan Jenderal Sudirman Batu Merah Kota Ambon, Selasa (4/6/2019). FOTO : ISTIMEWA

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Ribuan warga Kota Ambon, Selasa (4/6/2019) malam menggelar konvoi pawai takbiran keliling menyambut Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1440 Hijriah pada Rabu (5/6/2019). Meski diguyur hujan ringat, namun tidak menyurutkan warga untuk menggelar konvoi pawai takbiran ini.

Warga menggelar konvoi takbiran di sejumlah ruas jalan seperti di kawasan Jalan Sultan Hasanuddin, kawasan Aster, Tantui, Jalan Jenderal Sudirman, Galunggung dan kawasan Batu Merah Kecamatan Sirimau Kota Ambon.

Loading…
Bendera Palestina dibetangkan warga saat pawai malam Takbiran di Ambon, Selasa (4/6/2019).

Dalam konvoi pawai takbiran ini, warga secara berkelompok berjalan kaki dengan mengumandangkan Takbir. Sebagian warga peserta pawai juga menggunakan sepeda motor yang menggunakan knalpot racing.

Warga yang menggelar konvoi Takbiran juga membawa Bendera Merah Putih dan Bendera Palestina. Bendera Merah Putih dan Palestina itu dikibarkan warga yang berjalan kaki serta berboncengan dengan sepeda motor.

Aksi warga yang membawa Bendera Palestina ini sebagai bentuk dukungan dan doa atas perjuangan dan kemerdekaan Palestina, apalagi kekerasan terus menimpa warga Palestina. Pantauan Terasmaluku.com, ada sekitar lima Bendera Palestina ukuran  panjang lebih dari 1 meter dibawa warga. Aparat keamanan tidak mempersoalkan warga membawa Bendera Palestian itu.

Sementara itu, ratusan pemuda Negeri Batu Merah Ambon menggelar Takbiran keliling dengan menggunakan obor. Tidak hanya itu mereka juga membawakan hadrat, musik tradisional bernuasa Islami.

Dalam konvoi malam takbiran ini, aparat Kepolisian dan TNI menutup sejumlah ruas jalan sehingga akses menuju pusat Kota Ambon tidak bisa dilakukan warga. Seperti di Batu Merah, massa tidak diizinkan menuju ke arah Mardika, mereka langsung putar ke arah Jalan Sultan Hasanuddin menuju Ongko Liong.

Kapolres Pulau Ambon AKBP Sutrisno Hadi Santoso memimpin langsung pengamanan konvoi malam Takbiran ini.“Peserta konvoi Takbiran tidak bisa lewat Mardika, langsung putar ke arah Ongko Liong,” kata Kapolres saat menghalau massa.

Sebelumnya, Kapolres dan MUI Maluku juga melarang warga menggelar konvoi takbiran keliling Kota Ambon dengan alasan keamanan serta kemacetan. MUI Maluku meminta agar takbiran menyambut hari kemenangan setelah sebulan berpuasa itu dilakukan di masjid-masjid saja.

Konvoi malam Takbiran pada sejumlah ruas jalan di Ambon ini baru berakhir jelang pukul 12.00 WIT. Pelaksanaan pawai malam Takbiran di Kota Ambon aman dan lancar. (ADI)