Konvoi Takbiran Keliling di Ambon, Warga Bawa Bendera Palestina

by
Warga Kota Ambon menggelar konvoi dan Takbiran keliling di sejumlah ruas jalan utama menyambut Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1439 Hijriah, Kamis (14/6/2018) malam. Dalam konvoi ini warga membawa bendera Palestina seperti di Batu Merah Ambon ini. FOTO : ADI (TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,-AMBON– Ribuan Warga Muslim di Kota Ambon menggelar konvoi dan pawai Takbiran di sejumlah ruas jalan menyambut Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1439 Hijriah, Kamis (14/6/2018) malam. Sebelumnya Panitia Hari Besar Islam dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Maluku menghimbau agar warga tidak menggelar konvoi di Kota Ambon, Takbiran hanya dilakukan berbasis masjid saja.

Warga menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat dalam konvoi pawai Takbiran menyambut hari kemenangan setelah sebulan berpuasa. Bahkan sebagian warga berjalan kaki secara berkelompok. Jalan- jalan yang dilalui peserta konvoi diantaranya kawasan Jalan Jenderal Sudirman, Galunggung, Batu Merah, Jalan Sultan Hasanuddin, kawasan Tantui, depan Jembatan Merah Putih (JMP), kawasan Talake, Jalan Sultan Babullah Waihaong, kawasan Jalan AY. Patty pusat Kota Ambon serta sejumlah kawasan lainnya.

Ribuan warga pria dan wanita turun ke jalan-jalan tersebut sambil mengumandangkan Takbir. Sebagian pengendara roda dua menggunakan knalpot racing dalam konvoi tersebut. Sebagian warga juga menggunakan mobil bak terbuka. Meski sempat diguyur hujan namun tidak menyurutkan warga Ambon untuk berkonvoi Takbir keliling.

Loading...

Dalam konvoi Takbiran ini juga, warga yang berjalan kaki membawa Bendera Palestina. Seperti di kawasan Jalan Jenderal Sudirman, Batu Merah. Sebagian warga membawa, membentangkan Bendera Palestina dan Bendera Indonesia, Merah Putih. Aksi warga membawa bendera Palestina ini sebagian bentuk dukungan dan doa bagi perjuangan serta kemerdekaan warga Palestina. Apalagi kekerasan demi kekerasan terus menimpa warga Palestina.

Aparat keamanan menutup sejumlah ruas jalan agar tidak dilalui massa konvoi pawai Takbiran. Seperti di Batu Merah, arus lalu lintas dari arah Jalan Jenderal Sudirman, Galunggung dialihkan ke Jalan Sultan Hasanuddin. Massa konvoi tidak bisa melintasi kawasan Mardika. Begitu juga di kawasan lainnya. JMP juga ditutup. Arus lalu lintas dari arah Desa Poka menuju JMP dialihkan ke kawasan lainnya, sebaliknya dari pusat Kota Ambon menuju JMP dialihkan ke jalan lainnya.

Kabid Humas Polda Maluku Kombes Pol Muhammad Roem Ohirat menyebutkan ada 15 titik yang mendapat pengalihan arus lalu lintas di malam Takbiran. “Langkah ini dilakukan untuk mencegah adanya penumpukan massa,kemacetan di Kota Ambon serta mencegah hal-hal yang tidak diinginkan kita bersama,” kata Ohoirat.

Ada seribu lebih aparat TNI/Polri dikerahkan untuk pengamanan malam Takbiran di Kota Ambon. Pawai Takbiran dipantau langsung Forkopimda Maluku bersama para tokoh agama lewat CCTV dari Tribun Lapangan Merdeka Ambon. CCTV dipasang Polda Maluku di sejumlah titik di Kota Ambon saat malam Takbira tersebut. Konvoi Takbiran di Kota Ambon berlangsung aman dan lancar. (ADI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *