Koramil Waipia Hadiri Ritual Adat Suku Alifuri

by
Danramil Waipia Letda Inf J. Latumahina dan Babinsa Koramil 1502-11/Waipia Kodim 1502/Masohi Serda Lasamiun menghadiri ritual adat Suku Alifuru tutup bumbungan rumah adat di Desa Tananahu Kecamatan Teluk Elpaputih Kabupaten Maluku Tengah, Selasa (18/8/2020). FOTO : PENREM 151/BINAIYA

Babinsa Koramil 1502-11/Waipia Kodim 1502/Masohi Serda Lasamiun menghadiri ritual adat Suku Alifuru tutup bumbungan rumah adat di Desa Tananahu Kecamatan Teluk Elpaputih Kabupaten Maluku Tengah, Selasa (18/8/2020).

Turut hadir dalam acara tersebut Danramil Waipia Letda Inf J. Latumahina dan Muspika Kecamatan Teluk Elpaputih, Kepala Desa Tananahu Ny. Yulia Awayakuane, serta warga setempat. Kehadiran Danramil dan Babinsa pada tradisi ini sebagai bentuk kepedulian terhadap budaya setempat.

Ritual adat suku Alifuru bertemakan “MASUANE WARASOPESI YAMANE TANANAKU WARALATU”. Bumbungan rumah adat ini diperbaiki karena kondisinya sudah rusak. Ritual tersebut dipimpin orang yang tertua dari suku adat, G. Mahali dan Simon Rumailait. Kegiatan dimulai dengan tari sambutan bagi tamu yang hadir ditandai ritual adat Soa Tananahu yang memiliki arti penyempurnaan.

Loading...

Dandim 1502/Masohi Letkol Inf. Nunung Wahyu Nugroho mengatakan kegiatan ritual adat ini merupakan sarana pendukung dalam mengembangkan nilai-nilai tradisional yang merupakan jati diri. Kegiatan ini juga sebagai lambang kebanggaan masyarakat Negeri Tananahu Kecamatan Teluk Elpaputih.

“Kegiatan adat ritual Suku Alifuru Negeri Tananahu merupakan adat tradisi turun temurun dari zaman yang lalu, sampai dengan saat ini. Sehingga harus dilestarikan sesuai dengan regulasi-regulasi yang ada, ” kata Serda Lasamiun.

Ia mengatakan Provinsi Maluku merupakan negeri raja-raja memiliki nilai histori yang sangat tinggi, serta memiliki ragam budaya. “Hal inilah patut dilestarikan sehingga tidak tergerus oleh era globalisasi,” ungkap Serda Lasamiun. (ADV) 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *