Korem 151/Binaiya Gelar Sosialisasi Tahapan  Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku

by
Korem 151/Binaiya Gelar Sosialisasi Tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku di Makorem, Kamis (4/1).

TERASMALUKU.COM,-AMBON- Komando Resor Militer (Korem) 151/Binaiya sebagai Satuan Komando Kewilayahan yang memiliki 5 Komando Distrik Militer (Kodim) dan 2 Batalyon Infanteri (Yonif) yang tersebar di Provinsi Maluku meliputi, Pulau Seram, Pulau Buru dan Pulau Saumlaki, menghadapi dan menyikapi pelaksanaan pemilihan umum ataupun pemilihan kepala daerah (Pilkada)  yang akan dilaksanakan di Provinsi Maluku, sangat perlu dalam memberikan pemahaman tentang netralitas TNI kepada prajurit, Pns dan Persit Korem 151/Binaiya.

Hal ini ditunjukan saat pelaksanaan Sosialisasi Tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Maluku yang disampaikan oleh KPU Maluku, Kamis (04/01) di Baelio Slamet Riyadi Makorem 151/Binaiya. Komandan Korem 151/Binaiya Kolonel Inf Christian Kurnianto Tehuteru dalam sambutannya menyatakan, tugas pokok TNI khususnya Korem 151/Binaiya dan jajaran dalam adalah membantu Polri dalam pengamanan jalannya Pemilu dan Pilkada. Danrem juga menekankan, sebagai aparat TNI setiap Prajurit TNI harus netral dan tidak terlibat dalam politik praktis.

Apresiasi yang tinggi disampaikan Komisoner KPU Maluku Almudatsir Zain Sangadji, selaku pemberi materi dalam sosialisasi tersebut.  Sangadji mengapresiasi Korem 151/Binaiya yang telah memberikan waktu dan kesempatan kepada KPU Provinsi Maluku untuk mensosialisasikan tahapan penyelenggaraan Pilgub Maluku kepada Prajurit, Pns dan Persit Korem 151/Binaiya.

“Kita harus berbangga setelah Reformasi pada Tahun 1998 dan sudah berjalan kurun waktu kurang lebih 19 Tahun, TNI telah menunjukkan kiprahnya sebagai Lembaga yang paling dipercaya masyarakat dalam survei yang telah didapat,” jelas Sangadji  kepada peserta sosialisasi.

Perlu diinformasikan bahwa di Maluku tahun 2018 ini akan melaksanakan Pilgub Maluku, Pilkada Maluku Tenggara dan Pilkada Kota Tual.  Sangadji  dalam memberikan materi juga menyampaikan kepada ibu-ibu Persit khususnya, apabila menemukan kecurangan dan ketidakberesan dalam pelaksanaan Pemilihan  Gubernur dan Wakil Gubernur  Maluku dapat melaporkannya kepada Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Sebelum menerima penjelasan mengenai tahapan  Pilgub  Maluku, peserta yang hadir di Baileo Slamet Riyadi Makorem 151/Binaiya juga menerima penjelasan dan pemahaman khususnya kepada anggota TNI Aktif tentang pentingnya Netralitas TNI dalam pelaksanaan Pemilu atau Pilkada yang disampaikan Kepala Seksi Teritorial (Kasiter) Korem 151/Binaiya, Mayor Inf Yoyok Wahyudi.Selain memberikan Informasi, Sangadji  juga memberikan kesempatan untuk bertanya dan berdiskusi.

Turut hadir dalam kegiatan sosialisasi tersebut, Danrem 151/Binaiya, para Perwira Staf Korem 151/Binaiya, perwakilan anggota dari Yonif R 733/Masariku, perwakilan Satuan Tugas Pengamanan Daerah Rawan (Satgas Pamrahwan) Yonif RK 732/Banau dan Yonif R 515/UTY, seluruh prajurit, Pns dan Persit jajaran Korem 151/Binaiya. (IAN)