Korem Binaiya Gandeng Pomdam dan Ditlantas Polda Maluku Sosialisasikan Gaktib

by
Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Maluku, AKBP J. Saiya membeikan sosialiasi Gaktib kepada prajurit Korem 151/Binaiya di halaman Makorem, Kamis (22/2)

TERASMALUKU.COM,-AMBON- Untuk menegakkan disiplin bagi Prajurit Korem 151/Binaiya dan jajarannya, Korem 151/Binaiya menggandeng Pomdam XVI/Pattimura dan Ditlantas Polda Maluku untuk sosialisasi Penegakan Ketertiban (Gaktib) kepada anggota Korem 151/Binaiya dan seluruh Bintara Pembina Desa (Babinsa) yang berada di wilayah Kota Ambon. Sosialiasi Gaktib berlangsung  di Lapangan Apel Makorem 151/Binaiya, Kamis (22/2).

Sebelum pelaksanaan sosialisasi Gaktib, Kapten Kav Dicky Prasojo, Pasiintel Korem 151/Binaiya menyampaikan kepada anggota,  sosialisasi ini bertujuan  untuk menekan tingkat pelanggaran dan tingkat kecelakaan prajurit khususnya dalam berlalu lintas. Karena selain mendengarkan sosialisasi juga dilakukan  pemeriksaan kendaraan bermotor baik dinas maupun umum yang dibawa oleh anggota.

Kegiatan sosialisasi dimulai dari pemeriksaan dan pengecekan kendaraan dinas dan umum oleh Pasiintelrem 151/Binaiya yang juga didampingi oleh anggota Pomdam dan Provost, sebanyak 150 orang anggota diperiksa mulai dari perlengkapan pribadi (SIM, STNK) dan pengecekan kendaraan seperti (spion, lampu sen, rem, ban).

Penegakan hukum, disiplin dan tata tertib di lingkungan TNI merupakan suatu keharusan yang mutlak dimiliki setiap Prajurit. “Untuk itu berbagai upaya untuk meminimalisir tingkat kecelakaan dijalan raya yang mengakibatkan kerugian bagi personel maupun orang lain harus dilaksanakan sosialisasi seperti ini,” kata Mayor Cpm Sugiarto, Kasi Gakkum Pomdam XVI/Pattimura yang membuka jalannya sosialisasi dan pemeriksaan kendaraan bermotor.

Mayor Cpm Sugiarto mengungkapkan, sosialisasi ini untuk menindaklanjuti perintah pimpinan, sebelum pelaksanaan operasi penindakan dilaksanakan sosialisasi terlebih dahulu kepada seluruh prajurit TNI. “Jika dalam operasi penindakan ada anggota yang melanggar maka anggota tersebut akan diberikan sanksi/hukuman sesuai dengan peraturan yang berlaku. “Jelasnya.

Kasi Gakkum Pomdam XVI/Pattimura juga berharap kepada anggota Korem 151/Binaiya dan jajarannya untuk melengkapi kendaraannya baik surat-surat maupun perlengkapan kendaraannya lainnya yang bertujuan untuk menekan tingkat pelanggaran dan tingkat kecelakaan prajurit khususnya dalam berlalu lintas.

Dalam sosialisasi tersebut juga berkesempatan hadir Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Maluku, AKBP J. Saiya yang juga sebagai pemberi materi . Saiya menjelaskan tentang tata cara berkendara dengan aman dan nyaman serta mengulas kembali tentang tata tertib lalu lintas demi menekan angka kecelakaan di Kota Ambon khususnya.

Diakhir Sosialisasi tersebut, seluruh peserta berkesempatan untuk melaksanakan safety riding dengan beberapa arahan dan contoh serta praktek test drive menggunakan kendaraan bermotor masing-masing dengan melewati beberapa lintasan/rintangan yang diberikan dari Ditlantas Polda Maluku. (IAN)