Kota Ambon Terima 7.280 Vaksin, 3.640 Tenaga Kesehatan Siap Divaksin

by
Walikota Ambon Richard Louhenapessy (kanan) menerima vaksin covid 19, Rabu (13/1/2021). FOTO : MCAMBON

TERASMALUKU.COM,AMBON,- Sebanyak 7.280 vaksin didistribusikan dari Instalasi Kesehatan Provinsi Maluku ke Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, Rabu (13/1/2021). Kota Ambon menjadi penerima vaksin pertama yang didistribusikan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Maluku.

Vaksin Covid-19 yang dibawa dari Instalasi Kesehatan Maluku ini diterima langsung Walikota Ambon Richard Louhenapessy di Kantor Instalasi Kota Ambon.

Walikota mengatakan, seluruh vaksin yang diterima ini akan diteruskan ke Puskesmas di Kota Ambon yang menjadi tempat vaksinasi. “Sekalian kita akan meninjau kesiapan puskesmas untuk melaksanakan vaksinasi,” kata Richard.

Dia menyebutkan, kegiatan vaksinasi ini akan dilaksanakan serentak pada 15 Januari 2021 ini, yang berlangsung di Rumah Sakit Pusat dr Leimena. “Jadi seluruh pejabat, mulai dari Gubernur  dan pejabat lainnya ada di sana, untuk melihat persyaratan vaksinasi,” ujarnya.

Walikota mengatakan untuk Kota Ambon ada 29 fasilitas kesehatan (Faskes) yang siap untuk melaksanakan vaksin. Diantaranya 22 Puskesmas, 6 rumah sakit dan 1 kantor kesehatan pelabuhan.
“29 Faskes itu sudah siap dari segala peralatan maupun tenaga vaksinasi,” katanya.

Walikota menambahkan vaksin tahap pertama ini ditujukan kepada tenaga kesehatan di Kota Ambon yang berjumlah 3.640 orang,  mereka akan divaksi dua kali. (ALFIAN SANUSI)