KPK Minta Kades di Maluku Jangan Takut Gunakan Dana Desa

by

AMBON -Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Basaria Panjaitan  minta seluruh kepala desa (Kades) agar  tidak takut menggunakan  dana yang telah diterima dari pemerintah.

Menurutnya, dana desa harus dipergunakan untuk pemberdayaan serta peningkatan kesejahteraan masyarakat di desa bukan untuk disalahgunakan. “Jangan takut menggunakan dana desa, sepanjang uang tersebut tidak digunakan untuk kepentingan pribadi,” kata Basaria dalam sosialisasi pencegahan korupsi pengawalan bersama pengelolaan dana desa di Kantor Gubernur Maluku, Selasa (31/5).

Hadir dalam sosialisasi ini Gubernur Maluku Said Assagaff, Deputi Pengawasan Bidang Penyelenggaraan Keuangan Daerah, BPKP RI, Dadang Kurnia, Direktur Pembangunan Sarana Prasarana Kementrian Desa, Gunalan AP, para pejabat di Maluku, camat, dan perwakilan  Kades Maluku dan Maluku Utara.

Loading...

Menurut Basaria, dana desa pada prinsipnya adalah dana pemerintah yang diperuntukan untuk pembangunan desa, sehingga Kades tidak perlu khawatir untuk mempergunakan dana tersebut guna membangun desanya.  Ia mengakui ada Kades juga yang khawatir menggunakan dana desa tersebut. “Kalau uangnya sudah ada manfaatkan sebaik-baiknya, jangan dimanfaatkan untuk kepentingan pribadi, saya kira itu yang paling penting,”katanya.

Dia juga meminta para Kades agar dapat memanfaatkan dana tersebut dengan baik dan terbuka. Bila perlu dalam pelaksanaannya, Kades dapat melibatkan seluruh masyarakat untuk membangun desanya, sehingga pertanggungjawabannya dapat berjalan dengan baik. “Jangan dana ini dibuat gapura atau kantor desa, tapi buatlah infrastruktur seperti jalan di desa agar akses ekonomi masyarakat dapat berjalan baik,”usulnya. (ADI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *