KPP Mikro Tual Resmi Dibuka, Mudahkan Warga Urus Pajak

KPP Mikro Tual Resmi Dibuka, Mudahkan Warga Urus Pajak

SHARE

TERASMALUKU.COM,-AMBON- Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Mikro Tual, besok Rabu (16/1/2019) resmi diuji coba. Uji Coba kantor layanan pajak itu untuk meningkatan pelayanan perpajakan yang optimal. Warga yang ingin melakukan pengurusan pajak pun dapat menyingkat waktu dan tidak perlu susah payah datang ke KPP Pratama Ambon.

Pembentukan KPP Mikro Tual sebagai upgrade dari kantor pelayanan penyuluhan dan konsultasi perpajakan (KP2KP) Tual. Dengan begitu luasan layanan kepada wajib pajak (WP) dapat lebih maksimal. Apalagi saat ini jumlah dan penerimaan dari WP di Tual cukup baik. Hal itu pula menjadi salah satu uji coba pembukaan KPP Mikro di daerah.

“Transformasi KPP Mikro Tual berfokus pada layanan pajak yang optimal bagi para wp yang ada di sana,” ucap pelaksana tugas (PLT) KPP Pratwa Ambon Rachmad Auladi saat ditemui di lantai II KPP Pratama Ambon, Selasa (15/1/2019).

Menurutnya saat ini penerimaan dari KPP Mikro Tual cukup baik. Para WP yang ada di Kota Tual maupun di Maluku Tenggara yang masuk wilayah kerja KPP Mikro pun bertumbuh. Meski jumlahnya belum seperti di Ambon. Meski begitu pihaknya yakin bukan tak mungkin KPP Mikro bisa naik tingkat menjadi KPP Pratama.

“Penerimaan WP di KPP Mikro sekitar Rp 165 miliar. Masih 10 persen dari pendapatan di sini (KPP Pratama Ambon,” jelas pria yang akrab disapa Raul. Sementara jumlah WP Tual sebnayak 36 ribu orang. Sedangkan WP di Ambon 220 ribu dengan penerimaan sebesar Rp 1.628.456.118.937 atau sekitar Rp 1,628 triliun.

Tiap wilayah punya WP yang potensial atau WP dengan nilai pembayaran yang besar. Di Tual lanjut Raul ada seitar 110 WP besar dengan nilai setotan pajak berkisar Rp 100 juta pebulan. “Kalau nasional sudah triliunan perbulan. Jadi tiap wilayah beda-beda. Kalau semisal di Papuan WP besarnya ada Freeport jumlahnya tentu lain,” sebut pria yang menjabat sebagai Kepala Bidang Pemeriksaan Penagihan Intelegent Pendidikan (Kabid P2IP) itu. Pada pembukan uai coba esok, terdapat 10 petugas KPP Mikro Tal yang di siapkan untuk memberikan layanan perpajakan yang maksimal kepada para wajib pajak. (PRISKA BIRAHY)

loading...