KPP  Pratama Ambon Gelar Pajak Bertutur Kepada Siswa

by
Kepala KPP Pratama Ambon La Masikamba menyampaikan materi Pajak Bertutur di SMK Negeri 2 Ambon, Jumat (11/8). FOTO : ADI (TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Ambon menggelar Pajak Bertutur kepada ratusan siswa pada sejumlah sekolah  di  Kota Ambon, Jumat (11/8).  Diantaranya di SMK Negeri 2 Ambon, kawasan Wayame Kecamatan Teluk  Ambon Kota Ambon.

Kepala KPP Pratama Ambon La Masikamba memimpin langsung Pajak Bertutur di SMK Negeri 2 Ambon ini. Dihadapan 200 siswa peserta Pajak Bertutur SMK tersebut, Masikamba menyatakan Angaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sangat bergantung pada sektor perpajakan. Sekitar 75 persen sumber pendapatan APBN berasal dari sektor pajak. Namun menurutnya, kesadaran membayar pajak masih sangat rendah.

Karena itulah menurut Masikamba, Direktorat Jenderal Pajak (DJP) mengambil langkah memberikan kesadaran tentang pajak melalui jalur pendidikan kepada generasi muda lewat program Pajak Bertutur. Ia menyatakan, program Pajak Bertutur ini diawali dengan kick off kegiatannya  pada Jumat (11/8)  yang berlangsung serentak di seluruh Indonesia.

“Pajak Bertutur ini merupakan program  DJP  sebagai kampanye untuk memberikan edukasi kesadaran membayar pajak yang ditanamkan kepada para siswa sejak dini,” kata Masikamba yang juga alumni SMK Negeri 2 Ambon ini.

Masikamba menyatakan potensi pajak di wilayah Maluku saat ini setahunnya,  Rp 4 triliun. Potensi tersebut termasuk transper dana dari pemerintah  pusat ke instansi pemerintah, lembaga non departemen sipil dan militer di Maluku. Namun potensi tersebut yang berhasil dikumpulkan sebagai penerimaan negara di sektor pajak  dari Maluku baru sekitar Rp 2 triliun. Kesadaran wajib pajak membayar pajak masih sangat rendah.

loading...

Masikamba menyatakan, lewat program  Pajak Bertutur ini, diharapkan para siswa memahami pentingnya pajak, menjadi penyambung informasi pajak kepada keluarga, lingkungan dan masyarakar luas sejak dini.

“Adik – adik siswa ini dewasa nanti kalau jadi orang sukses, mendapatkan penghasilan, mereka sadar pentingnya pajak dan dengan sendirinya meningkatkan kesadaran membayar pajak. Sehingga dengan program ini  kita mewujudkan generasi emas yang sadar pajak,” kata Masikamba.

Dalam kesempatan ini, Masikamba juga menyatakan, uang membayar pajak itu digunakan untuk kepentingan pembangunan di semua sektor di Indonesia  termasuk   daerah dan  juga membayar utang luar negeri.

Selain diikuti para siswa, Pajak Bertutur di SMK Negeri 2 Ambon ini juga diikti Kepala Sekolah Jhon Soukotta, serta belasan dewan guru. Selain di SMK Negeri 2 Ambon, program Pajak Bertutur ini juga digelar di sejumlah sekolah mulai dari SD hingga SMA di Ambon. Diantaranya SD Negeri 1, SMP Negeri 6, SMKN 1,   SMAN 4, SMAN 5, SMAN 11 dan SMAN 2 Ambon. (ADI)

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *