KPU Kabupaten Taliabu Tetapkan Aliong Mus-Ramli Bupati Dan Wakil Bupati Terpilih

by
KPU Taliabu gelar pleno penetapan bupati terpilih Kabupaten Pulau Taliabu, pasangan Aliong Mus-Ramli (Abdul Fatah)

TERASMALUKU.COM, Taliabu– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pulau Taliabu, Maluku Utara, menetapkan pasangan H. Aliong Mus-Ramli (AMR) sebagai Bupati dan Wakil Bupati kabupaten Pulau Taliabu terpilih berdasarkan hasil rapat pleno KPU setempat.

“Berdasarkan ketetapan KPU itu, maka AMR akan menjabat sebagai Bupati dan Wakil Bupati dua periode yang telah dijadwalkan akan dilantik pada 25-26 secara virtual di daerah sendiri,” kata Ketua KPU kabupaten Pulau Taliabu, Arisandi La Isa dihubungi dari Ternate, Senin.

KPU telah mengeluarkan surat bernomor : 02/PL.02.3-kpt/02/8208/kab/11/2021 tentang Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati kabupaten Pulau Taliabu terpilih tahun 2020 yang dimuat dalam Berita Acara Rapat Pleno Nomor: 05/PL.02.3-BA/02/8208/kab/11/2021.

Menurut dia, penetapan Aliong Mus-Ramli sebagai Bupati-wakil Bupati terpilih dibacakan Ketua KPU Kabupaten Pulau Taliabu, Arisandi La Isa di Gedung Serbaguna Hemungsia Siadufu, Kota Bobong, Kabupaten Pulau Taliabu, yang dihadiri Wakil Bupati terpilih, Ramli.

Selain Wabup Ramli, tim koalisi partai Golkar dan partai pengusung AMR juga ikut hadir. Sedangkan Muhaimin Sarif dan Safrudin Mohalisi (MS-SM) yang kalah di Pilkada Taliabu 2020 tidak hadir, dan diwakili saksi kubu 01.

KPU Taliabu baru mengelar Pleno tersebut usai dibacakan putusan Mahkamah Konstitusi tentang sengketa Hasil Pilkada Pulau Taliabu Tahun 2020. dan MK menolak Gugatan MS-SM (16/02/) beberapa hari lalu.

Penetapan Bupati dan Wakil Bupati sudah selesai, ketua sendiri yang pimpin dihadiri Wakil Bupati terpilih dan partai koalisi dan untuk paslon nomor urut 1 tidak hadir, hanya ada saksi partai koalisi MS-SM.

Pasca-penetapan Oleh KPU, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah DPRD Kabupaten Pulau Taliabu juga akan menggelar Paripurna Senin ini.

Pasangan calon Nomor urut 02 Aliong Mus-Ramli ditetapkan sebagai pemenang pilkada berdasarkan hasil penghitungan suara dengan perolehan suara 17.481 suara atau 50,24 persen dari total suara sah kabupaten.

Pewarta : Abdul Fatah
Editor : Joko Susilo