KPU Kota Ambon Sebut Ada Penambahan DPT

by
Ada penambahan jumlah DPT usai pleno KPU Kota Ambon, sementara belum ada penambahan TPS seperti rencana sebelumnya (13/3). FOTO: Priska Birahy

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Daftar pemilih tetap yang dikeluarkan KPU Kota Ambon alami penambahan. Sebelumnya jumlah DPT yang ditetapkan ada 224.396 menjadi 225.249.

Pada rapat pleno dua hari lalu, pihak KPU kota meng-updatekembali data jelang pemilu pada April mendatang. Komisioner KPU Kota Ambon Divisi Hukum Sadek Fuad menjelaskan penambahan itu sesuai kesepakatan dan data yang dirangkum dari divisi data KPU. “DPT Ambon yang bertambah. Kita sesuaikan dengan data riil,” terang Sadek di sela-sela pelipatan surat suara di Sport Hall Karang Panjang Ambon, Selasa (12/3/2019).

BACA JUGA : Hari Pertama Pelipatan Surat Suara KPU Kota Ambon

Menurut Sadek memang ada rencana penamahan DPT dan TPS usai ada pemutakhiran data. Penyesuaian itu agar semua warga terdata untuk ikut pemilu pda 17 April nanti. Meski begitu baru DPT saja yang ada penambahan. Sementara untuk TPS, belum ada penambahan.

Loading...
Proses sortir dan pelipatan surat suara yang dikerjakan 300 tenaga kerja yang direkrut KPU Kota Ambon di gedung Sport Hall Karang Panjang (13/3)

Berdasar data yang diterima dari divisi data KPU Kota Ambon yang dirangkum pekan lalu, terdapat 931 TPS. Jumlah itu terdiri dari 116.512 pemilih perempuan dan 108.362 se-kota Ambon. Kepala Divisi Data KPU Kota Ambon Safrudin Bustam Layn sempat berujar ada rencana penambahan TPS. Penamabahan itu ada di Desa Rumah Tiga dengan luas wilayah serta jumlah pemilih potensial yang besar.

Namun saat dikonfirmasi kembali, Sadek menjelaskan hingga pleno usai belum ada penambahan. “Kalau TPS belum ada penambahan. Memang rencana mau tambah TPS. Kalaupun ada hanya satu TPS saja,”jelas Sadek.

Di lain sisi tiga hari setelah pelipatan surat suara belum ada keterangan pasti terkait jumlah surat suara yang rusak. Dari pantauan, kerusakan yang ditemui berupa bercak tinta pada kolom nama, tinta yang rangkap atau jejak sisa tinta berwarna merah pada bagian bawa surat suara.

Surat-surat yang rusak dan cacat itu bakal diganti dengan yang baru sesuai permintaan KPU. Saat proses pelipatan di Sport Hall Karang Panjang terdapat puluhan lembar surat suara yang cacat. Namun belum ada kepastian jumlah. “Katong tunggu semua abis dihitung baru tahu kurangnya berapa dan ada permintaan tambahan surat suara,” katanya. (PRISKA BIRAHY)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *