KPU Kota Tual Lakukan Perbaikan Data DPS

by
Ibrahim Faqih

TERASMALUKU.COM,-TUAL-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tual mulai malakukan perbaikan data Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pilkada Maluku 2018.  Perbaikan ini dilakukan setelah adanya tanggapan masyarakat atas DPS yang diumumkan, ditempel  KPU Kota Tual di seluruh Panitia Pemungutan Suara (PPS) Tingkat Desa/Kelurahan  sejak 24 Maret hingga 2 April 2018.

Ketua KPU Kota Tual Ibrahim Faqih mengungkapkan, sesuai jadwal tahapan Pilkada serentak 2018, perbaikan DPS dilakukan mulai 3 April hingga  7 April. Menurut Faqih, setelah masyarakat memberikan masukan dan tanggapan atas DPS yang diumumkan tersebut, maka  PPS menyampaikannya Ke KPU Kota Tual untuk dilakukan perbaikan.

Loading…

“Setelah data perbaikan DPS masuk ke kita dari PPS, seperti misalnya data pemilih yang memiliki E-KTP maupun surat keteterangan (Suket) yang dikeluarkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) namun tidak terdaftar dalam DPS, ataupun pemilih yang sudah meninggal namun masih terdaftar di DPS. Setelah data tersebut masuk, KPU mulai melakukan perbaikan berdasarkan data tersebut terhitung tanggal mulai 3 hingga 7 April,” kata Faqih kepada wartawan di ruang kerjanya, Senin (2/4).

Setelah dilakukan  perbaikan, menurut Faqih, tahapan dilanjutkan dengan rekapitulasi DPS hasil perbaikan dari tingkat desa/kelurahan, PPK tingkat kecamatan   hingga KPU Kota Tual serta KPU Maluku. Tahapan ini akan dimulai pada 8 April mendatang, dan  dilanjutkan dengan rekapitulasi tingkat KPU pada  11 hingga 12 April 2018, sebelum akhirnya DPS itu ditetapkan menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT).

BACA JUGA : Bagaimana Dengan Warga Yang Belum Miliki E-KTP, Apakah Bisa Ikut Memilih, Ini Jawaban KPU Maluku

Karena itu  Faqih minta masyarakat terus melaporkan ke PPS, PPK dan KPU  jika namanya belum terdaftar dalam daftar pemilih. “Masyarakat jangan berasumsi jika tahapan untuk perbaikan DPS selesai ditanggal 2 April, karena masih ada proses selanjutnya yang terus berjalan dimana daftar pemilih hasil perbaikan (DPHP) nantinya akan divalidasi lagi dan diperbaiki,” katanya.

Faqih juga minta masyarakat pro aktif dalam menyampaikan keluhan atau tanggapan terkait DPS sehingga bisa diperbaiki dalam  DPT yang valid. Dengan demikian seluruh masyarakat Kota Tual terdaftar sebagai pemilih dan bisa menggunakan hak pilihnya saat Pilkada Kota Tual dan Pilkada Maluku 27 Juni 2018 nanti.

Faqih juga  menegaskan, pemilih yang dinyatakan memenuhi syarat dan terdaftar ke dalam DPT adalah pemilih yang memiliki E-KTP atau Suket yang dikeluarkan Disdukcapil Kota Tual. “Selain masuk dalam DPT, pemilih juga harus memenuhi syarat utama dengan menunjukan E-KTP maupun Suket dari Disdukcapil, karena sekalipun yang bersangkutan usianya sudah bisa  memberikan hak pilih, namun tidak memiliki 2 syarat diatas, maka dengan berat hati KPU tidak bisa mengizinkan warga tersebut menggunakan hak politiknya saat Pilkada 27 Juni 2018,”ungkap Faqih.

Karena itu, Faqih minta warga wajib E-KTP yang belum memiliki E-KTP secepatnya melakukan perekaman E-KTP di Kantor Disdukcapil Kota Tual. Karena bila sudah melakukan perekaman E-KTP, maka warga tersebut bisa ikut mencoblos dengan menunjukan Suket dari Disdukcapil meski E-KTPnya belum diterima. (AS)