KPU Kota Tual Sortir dan Lipat Surat Suara Pilkada 

KPU Kota Tual Sortir dan Lipat Surat Suara Pilkada 

SHARE
Puluhan orang dikerahkan untuk penyortiran dan pelipatan surat suara Pilgub Maluku dan Pilwakot Tual yang berlangsung di Kantor KPU Kota Tual, Rabu (6/6/2018). FOTO : AS (TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,-TUAL-Komisi  Pemilihan Umum (KPU) Kota Tual melakukan pelipatan dan penyortiran surat suara untuk Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Tual serta Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku Tahun 2018. Pelipatan dan penyortiran surat suara dipusatkan  di Kantor KPU Kota Tual. KPU Kota Tual melibatkan berbagai unsur diantaranya kepolisian,Panwas, OKP, unsur keagamaan dan masyarakat untuk pelipatan dan penyortiran surat suara itu.

Kordinator Logistik KPU Kota Tual, Zainal Abidin Raharusun (kanan)

“Pelipatan dan menyortiran  surat suara ini kami libatkan pihak kepolisian, Panwas, OKP yakni IMM, Pemuda Muhamadiyah dan HMI, unsur keagamaan dari komunitas kristen dan komunitas muslim, masyarakat dan beberapa ibu-ibu majelis taklim yang seluruhnya berjumlah 84 orang,” kata Kordinator Logistik KPU Kota Tual, Zainal Abidin Raharusun, Rabu (6/6/2018).

Pelipatan dan penyortiran surat suara ini dilakukan selama dua hari. Yakni Selasa (5/6/2018) untuk surat suara Pilwalkot, dan Rabu (6/6/2018) surat suara untuk  Pilgub Maluku. “Setelah surat suara Pilwalkot selesai dilipat kemudian kami lakukan sortir secara internal sesuai penyebaran per Tempat Pemungutan Suara (TPS), kemudian dimasukkan di kantongnya dan disimpan di kotak suara yang sudah ada,” kata Zainal.

Menurutnya, surat suara yang diterima KPU Kota Tual sesuai Berita Acara Nomor  :  29/PK.01-BA/8172/V/2018 Tanggal 29 Mei 2018 tentang Pemusnahan Kelebihan Cetak Surat Suara Pemilihan Walikota Dan Wakil Walikota Tual Tahun 2018, yakni berjumlah 43.118 lembar sesuai Daftar Pemilih Tetap (DPT). “Jumlah surat surat suara (sesuai berita acara) yang telah dicetak itu berjumlah 59.720 lembar, jumlah sesuai DPT itu 43.118 lembar, maka kelebihan surat suara yakni sebanyak 16.602 lembar itu telah dimusnahkan,” tuturnya.

Zainal Raharusun menjelaskan, pemusnahan kelebihan cetak surat suara tersebut dilakukan oleh KPU Kota Tual pada Selasa 29 Mei 2018 bertempat di Kantor PT. Balebat Dedikasi Prima, Jalan Veteran II No. 17 Teluk Pinang Ciawi Bogor dan disaksikan pula aparat Polsek setempat, serta diawasi oleh Panwaslu Kota Tual (sesuai Berita Acara).

Menurutnya, KPU Kota Tual pada hari pemungutan suara nanti akan menyerahkan berita acara surat suara per TPS sebagai pegangan kepada para saksi dari masing-masing pasangan calon (Paslon) untuk dijadikan pegangan.”Kami pastikan bahwa pada hari pemungutan itu surat suara yang kami distribusikan adalah sesuai dengan jumlah DPT pada setiap TPS, dan itupun akan kami sertakan dengan berita acaranya kepada para saksi,” tukasnya.

Ia  berharap, agar masing-masing Paslon dapat menyiapkan saksi-saksinya, agar pada hari pemungutan suara, 27 Juni 2018 nanti dapat bekerja lebih baik teristimewa memastikan surat suara yang distribusikan KPU Kota Tual. Surat suara yang didistribusi  adalah sesuai dengan DPT pada masing-masing TPS ditambah dengan 2,5 % sesuai Berita Acara Nomor  :  27/PK.01-BA/8172/V/2018 Tanggal 2 Mei 2018, tentang  Penetapan Pencetakan Surat Suara Sebanyak Pemilih Yang Tercantum Dalam DPT dan Surat Suara Cadangan Sebanyak 2,5 % dari Jumlah Pemilih Yang Tercantum Dalam DPT Untuk Setiap TPS Dalam Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Tual Tahun 2018.

“Saya tegaskan bahwa penggunaan jumlah surat suara dapat dilihat dan dipastikan pada saat pelaksanaan rekapan pemungutan suara, dimana akan tercatat/terbaca alokasi distribusi serta penggunaan surat suara secara terperinci pada setiap TPS, dan KPU Kota Tual akan pastikan alokasi tersebut sesuai dengan ketentuan Undang-Undang yakni DPT + 2,5%,”katanya.(AS)

loading...