KPU Kota Tual Terima Berkas Pendaftaran SERASI, Ini Pesan Ketua  KPU  

KPU Kota Tual Terima Berkas Pendaftaran SERASI, Ini Pesan Ketua  KPU  

SHARE
KPU Kota Tual berfoto bersama pasangan SERASI usai pendaftaran di KPU Rabu (10/1).

TERASMALUKU.COM,-TUAL- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tual menerima berkas pendaftaran Bakal Pasangan Calon (Paslon) Walikota dan Wakil Walikota Tual, Yunus Serang dan Eva Fransina Balubun atau SERASI, bertempat  di Kantor KPU Kota Tual, Rabu (10/1).Pasangan SERASI  menyerahkan berkas syarat pencalonan dan syarat calon yang diterima Ketua KPU Kota Tual  Ibrahim Faqih didampingi komisoner lainnya serta Sekretaris KPU Kota Tual.

Berkas pencalonan dan syarat calon SERASI langsung diperiksa KPU Kota Tual. Berkas yang diperiksa diantaranya berkas dukungan pencalonan dari  Parpol pengusung mulai tingkat pusat dan provinsi yang ditandatangi secara berjenjang.  Setelah diperiksa berkas syarat pencalonan dan syarat calon, KPU  Kota Tual menyatakan berkas SERASI dinyatakan lengkap. Pasangan ADIL dan AMAN juga mendaftar ke KPU Kota Tual.

Kota Tual  Ibrahim Faqih dalam arahannya mengatakan, Pilkada kali ini tidak sama seperti Pilkada sebelumnya, karena regulasi tentang Pilkada terus berubah. Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada menyebutkan, Pilkada diselenggarakan pada  Juni 2018, sedangkan pemungutan suara Pilkada akan dilaksanakan pada tanggal 27 Juni 2018.

Faqih menjelaskan, semua Komisioner KPU Kota Tual telah berkomitmen untuk melaksanakan proses penyelenggaraan Pilkada Kota Tual Tahun 2018 ini sesuai dengan Undang-Undang maupun Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU).

“Kami komisioner telah berkomitmen bahwa akan melaksanakan Pilkada Kota Tual sesuai dengan regulasi yang ada, baik itu regulasi di dalam Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016, maupun PKPU yang menjadi Petunjuk Pelaksana (Juklak) bagi kami dalam penyelenggaraan ini,” jelasnya.

Menurut  Faqih, dalam penyelenggaraan Pilkada, menang dan kalah adalah sesuatu yang pasti akan terjadi. Untuk itu, seluruh Komisioner KPU Kota Tual menitip harapan, agar pasangan calon (Paslon) maupun partai pengusung dalam proses Pilkada  hingga pemungutan suara berlangsung, bisa mengendalikan massa pendukungnya.

“Kita semua berusaha untuk meniadakan adanya gesekkan di tingkat bawah, karena belajar dari pengalaman di daerah-daerah lain, Pilkada sering menimbulkan konflik, kami harap di Tual tidak boleh terjadi dan ini butuh peran para calon dan parpol pengusung dan timnya,”katanya.

Balon Walikota Tual Yunus Serang menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada KPU dan Panwaslu yang telah menerima SERASI untuk mendaftar di KPU Kota Tual. Menurut Yunus potensi konflik saat Pilkada ada dua hal.  Yakni pelaku Pilkada itu sendiri dalam hal ini, Paslon, konstituen dan tim sukses  serta yang kedua Penyelenggara, KPU dan Panwaslu.

“Kami berharap, sikap kenetralan penyelenggara itu dikedepankan karena itu sangat penting. Kita mengamati setiap Pilkada itu selalu ada konflik, namun Alhamdulilah dua periode ini Kota Tual tidak terjadi konflik. Kita berharap agar periode ini juga tidak ada konflik,” tuturnya.  Ia menyatakan pihaknya berkomitmen  tidak akan  melakukan hal – hal negatif selama proses Pilkada berlangsung seperti yang diinginkan KPU Kota Tual. (AS)