KPU Kota Tual Terus Pantau Coklit di Daerah

by
Wawan Kurniawan

TERASMALUKU.COM,TUAL-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tual terus memantau pelaksanaan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) Daftar Pemilih untuk Pilkada 2018 yang dilakukan  Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP). Pemantauan Coklit  terutama di daerah – daerah yang sulit transportasi dan informasi seperti di Kecamatan Pulau   Kur dan Kur Selatan.

“Untuk dua kecamatan itu   KPU terus  memantau  pelaksanaan Coklit. Kami juga mengirim tim  untuk memonitoring pelaksaan Coklit selama beberapa hari. Kami ingin pastikan proses Coklit oleh PPDP dan PPK serta PPS berjalan aman dan lancer, tidak boleh ada penduduk yang kehilangan hak pilihnya karena tidak terdaftar,” kata Koordinator Devisi Program dan Data KPU Kota Tual, Wawan Kurniawan kepada wartawan, Senin (29/1).

Wawan  mengungkapkan, secara umum  pelaksanaan  Coklit hingga hari kesepuluh ini berjalan aman dan lancar. Namun ia mengakui ditemukan sejumlah kendala teknis di lapangan saat PPDP melakukan Coklit data pemilih. Misalnya masyarakat yang pindah domisili, tidak punya surat keterangan tapi sudah menempati  daerah tersebut  dalam waktu lama. Untuk masalah seperti ini, PPDP tetap mendata penduduk tersebut dengan memastikan penduduk bersangkutan tidak memiliki administrasi di daerah lainnya.

“Untuk masalah seperti ini tetap kita akomodir jika tidak memiliki KTP elektronik dan Surat Keterangan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Tapi dipastikan penduduk  tersebut tidak memiliki administrasi di daerah lain dan sudah berdomisili  sangat lama di Kota Tual. Sehingga penduduk tersebut  punya hak sebagai warga negara untuk dimasukkan di dalam daftar pemilih nanti,” ujarnya.

Pencoklitan sendiri  dimulai secara nasional sejak 20 Januari hingga 18 Februari 2018. Dalam tahapan ini, PPDP bersama PPS dan PPK  mendatangi penduduk untuk memverifikasi data pemilih, apakah penduduk tersebut terdaftar atau tidak dalam daftar pemilih. Dan sebaliknya juga apakah pemilih terdaftar masih ada atau tidak serta belum menjadi anggota TNI/Polri. Warga diminta penyiapkan KTP elektronik dan kartu keluarga.

Menurut Wawan jumlah  Daftar Penduduk Potensial  Pemilih Pemilu (DP4) Tahun 2018 dari Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) Kementerian Dalam Negeri  Kota Tual berjumlah  59.721 orang yang tersebar di lima kecamatan. DP4 itu kini tengah dilakukan Coklit oleh PPDP di lapangan  apakah sesuai atau tidak.

Wawan merincih jumlah DP4 berdasarkan kecamatan dan jenis kelamin.  Untuk Kecamatan Dullah Selatan laki-laki berjumlah 17.140 orang dan perempuan 18.285 orang,  Kecamatan Dullah Utara laki-laki berjumlah 7.239 orang dan perempun  berjumlah  7.665 orang.  Kecamatan Tayando Tam laki-laki berjumlah 2.444 orang dan perempuan 2.558 orang,  untuk Kecamatan Pulau Kur laki-laki adalah 932 orang dan perempuan 1.002 orang. Sementara untuk Kecamatan Kur Selatan laki-laki berjumlah 1.112 orang dan perempuan 1.244 orang. (AS)