KPU Maluku Siap Gelar Pemungutan Suara Pilgub 27 Juni Besok

by
Dari kanan komisioner KPU Maluku Almudatzir Sangadji, La Alwi, Ketua KPU Maluku Syamsul Rifan Kubangun, Iriane Pontoh dan Sekretaris KPU Maluku Mohammad Ali Masuku menggelar jumpa pers terkait kesiapan Pilgub Maluku di Media Center KPU Maluku, Selasa (26/6/2018). FOTO : DOK. TERASMALUKU.COM

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku siap menggelar pemungutan suara untuk memilih Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Maluku, Rabu 27 Juni 2018. Penyelenggara Pilgub mulai dari KPU Provinsi, KPU Kabupaten dan kota,  Panitia Pemilihan Kecamatan  (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS) tingkat desa atau kelurahan serta petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) se Maluku dalam keadaan siap untuk menggelar Pilgub.

Seorang anggota Brimob Polda Maluku ikut menyaksikan jumpa pers komisioner KPU Maluku

“Untuk kesiapan petugas kami, mulai dari KPU Kabupaten dan kota, PPK, PPS dan petugas KPPS semuanya sudah terbentuk. Kondisi penyelenggara secara umum siap menggelar pemungutan suara Pilgub Maluku, besok  Rabu 27 Juni,” kata Ketua KPU Maluku Syamsul Rifan Kubangun dalam keterangan pers di Media Center KPU Maluku, Selasa (26/6/2018). Jumpa pers ini dihadiri tiga komisioner KPU Maluku lainnya, Almudatzir Sangadji, La Awli, Iriane S. Pontoh dan Sekretaris KPU Maluku Mohammad Ali Masuku.

Sementara itu distribusi logistik Pilgub Maluku berupa alat kelengkapan, surat suara dan kotak suara menurut Rifan  tidak ada masalah lagi. Sehari menjelang pemungutan suara, kotak suara dan logistik lainnya sudah terdistribusi hingga tingkat PPS. Bahkan untuk daerah tertentu, kotak suara dan dokumen lainnya sudah berada di TPS. Surat undangan  untuk pemilih tengah dibagikan kepada pemilih.

“Untuk distribusi logistik berupa alat kelengkapan, tinta, formulir, kotak suara dan surat suara dan lainnya,  informasi dari teman-teman KPU Kabupaten dan kota se Maluku semua logistik sudah terdistribusi hingga tingkat PPS, tinggal didistribusi ke TPS masing-masing menjelang pemungutan suara,” kata Rifan.

loading...

Pemungutan suara di TPS dimulai pukul 07.00 hingga pukul 13.00 WIT. Berdasarkan daftar pemilih tetap (DPT) Pilgub 2018 yang ditetapkan KPU Maluku, warga yang terdaftar untuk memilih Gubernur dan Wakil berjumlah 1.149.990 orang. Sementara tempat pemungutan suara (TPS) Pilgub  berjumlah 3.358. Jumlah pemilih dan TPS itu tersebar di sebelas kabupaten dan kota se Provinsi Maluku.

Rifan meminta warga yang memilih hak pilih untuk menggunakan hak politiknya memilih Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku periode lima tahun kedepan. Rifan menjelaskan, bagi pemilih tidak terdaftar dalam DPT dapat menggunakan hak pilih pada pukul 12.00 hingga 13.00 WIT, dengan syarat  menunjukan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (EKTP) atau surat keterangan (Suket) pengganti EKTP yang dikeluarkan Disdukcapil setempat.  “KPU menargetkan tingkat partisipasi pemilih diatas 77 persen, karena  berkaca dari  setiap momentum Pilkada Maluku partisipasi pemilih diatas 70 persen,” kata Rifan.

Pilgub Maluku diikuti tiga pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubenur Maluku. Yakni Said Assagaff–Andareas Rentanubun (SANTUN) yang diusung Partai Golkar, Partai Demokrat dan PKS. Pasangan  Murad Ismail–Barnabas Orno (BAILEO) diusung PDIP, Partai Gerindra, PAN, Partai NasDem, PKB, PPP dan PKPI, serta pasangan Herman A. Koedoeboen–Abdullah Vanath (HEBAT) dari jalur perseorangan. (ADI)

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *