KPU Maluku Tetapkan Murad-Orno Gubernur dan Wakil Gubernur Terpilih

by
Ketua KPU Maluku Syamsul Rifan Kubangun didampingi empat komisioner KPU lainnya menyerahkan surat keputusan kepada Wakil Gubernur Maluku terpilih Barnabas Orno saat pleno penetapan pasangan Murad Ismail-Barnabas Orno sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku terpilih di Ballroom The Natsepa Hotel and Resort Desa Suli Maluku Tengah, Senin (13/8/2018) malam. FOTO : (TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku menetapkan pasangan Murad Ismail-Barnabas Orno (BAILEO) sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku lima tahun kedepan. Penetapan dilakukan dalam rapat pleno KPU Maluku di Ballroom The Natsepa Hotel and Resort Desa Suli Maluku Tengah,  Senin (13/8/2018) malam.

Penetapan Murad-Orno sebagai Gubernur-Wakil Gubernur Maluku tertuang dalam surat keputusan KPU Provinsi Maluku nomor 882/HK.03.1-Kpt/81/PROV/VIII/2018 tentang penetapan pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih dalam Pilgub Maluku Tahun 2018.

Tahapan ini dijalankan KPU  setelah putusan Mahkamah Konstitusi (MK) nomor 29/PHP.GUB-XVI/2018 tanggal 10 Agustus 2018 yang memenangkan KPU atas gugatan hasil Pilgub Maluku oleh pasangan Herman Koedoeboen-Abdullah Vanath (HEBAT). “Kita agendakan penetapan calon terpilih Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku hasil Pilgub 2018, karena MK RI telah mengeluarkan putusan terkait perselisihan hasil Pilgub Maluku yang menolak gugatan pemohon pasangan Herman-Abdullah Vanath terhadap termohon (KPU),” kata Ketua KPU Maluku Syamsul  Rivan Kubangun.

Sehingga, lanjutan dia, paling lambat tiga hari pasca putusan MK, KPU harus melakukan rapat pleno penetapan. Pasangan Murad Ismail-Barnabas Orno ditetapkan dengan perolehan sebanyak 328.982 suara.  Setelah divisi hukum KPU Maluku, Almudatsir Sangadji membacakan keputusan KPU Maluku, dilanjutkan dengan penyerahan putusan KPU Maluku  kepada Wakil Gubernur terpilih, Barnabas Orno dan para pimpinan partai politik peserta Pilkada Maluku.

loading...

Wakil Gubernur Maluku terpilih, Barnabas Orno dalam sambutannya mengapresiasi kinerja KPU, Bawaslu beserta semua penyelenggara Pilkada dibawah, termasuk TNI, Polri, wartawan dan masyarakat maupun dua Paslon lainnya bersama tim sukses sehingga Pilkada dapat berjalan baik dan lancar hingga penetapan. “Pilkada boleh selesai, namun semua hanya proses bukan tujuan. Karena yang lebih penting adalah kesejahteraan rakyat,” katanya.

Orno menambahkan, ini merupakan kemenangan bersama rakyat Maluku, kemenangan bersama tiga Paslon dan seluruh tim. Tidak ada lawan yang abadi, karena semua bersaudara sebagai anak Maluku. “Sekarang sudah tidak ada lagi sekat, ini akhir untuk kita menyatu dan bersama membangun Maluku,”kata Bupati Maluku Barat Daya ini.(IAN)

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *