KPU Minta Calkada di Maluku Jadi Contoh Penerapan Protokol Kesehatan COVID-19

by
Ketua KPU Maluku Syamsul Rifan Kubangun. FOTO : DOK. PRIBADI

TERASMALUKU.COM,-AMBON-KPU Provinsi Maluku meminta calon kepala daerah (Calkada) untuk mematuhi protokol kesehatan Covid-19 saat pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak tahun 2020 di empat kabupaten wilayah Provinsi Maluku.

BACA JUGA : Kemendagri Minta KPU dan Bawaslu Diskualifikasi Bakal Pasangan Calon Yang Abaikan Protokol Covid-19

Calkada harus menjadi contoh dalam pelaksanaan protokol kesehatan covid-19, mulai dari tahapan pendaftaran, kampanye hingga pemilihan kepala daerah 9 Desember 2020 nanti. Ini dilakukan untuk mencegah klaster baru penyebaran covid-19 saat Pilkada 2020.

Calkada harus menjalankan peraturan PKPU Nomor 6 dan PKPU Nomor 10 Tahun 2020, tentang pelaksanaan Pilkada dalam kondisi bencana nonalam (Covid-19). Memakai masker, menjaga jarak, berkerumun atau tidak menggerahkan massa yang banyak pada setiap tahapan Pilkada serentak 2020 di masa pandemi covid-19 ini.

Loading...

“Calon kepala daerah harus bisa jadi contoh dalam pelaksanaan protokol kesehatan, jangan anggap remeh ini,” kata Ketua KPU Provinsi Maluku, Syamsul Rifan Kubangun kepada Terasmaluku.com, Selasa (8/9/2020).

Menurut Rifan, keselamatan dan kesehatan calon kepala daerah, pemilih dan penyelenggara Pilkada harus menjadi prioritas utama. Sehingga semua harus mentaati protokol kesehatan yang sudah diatur pada masa kampanye nanti. “Keselamatan dan kesehatan itu menjadi prinsip utama dalam setiap tahapan Pilkada hingga pelaksanaan kampanye dan pemungutan suara,” ujarnya.

Rifan mengatakan penerapan protokol kesehatan Calkada dilakukan untuk mencegah penyebaran covid-19 . Di Maluku Pilkada serentak 2020 akan digelar di empat kabupaten. Yakni Kabupaten Seram Bagian Timur, Kabupaten Buru Selatan, Kabupaten Maluku Barat Daya dan Kabupaten Kepulauan Aru. (ALFIAN SANUSI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *